Pemudik Motor Turun 10,8%, Mobil Pribadi Turun 8%, Benarkah?

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor diperkirakan turun 10,8% pada musim mudik tahun ini.
Demis Rizky Gosta | 02 Agustus 2013 20:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor diperkirakan turun 10,8% pada musim mudik tahun ini.

Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan mengatakan imbauan pemerintah dan program mudik gratis mampu menekan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Pemerintah memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor turun 10,8%, sedangkan pemudik yang menggunakan mobil pribadi berkurang 8%.

"Memang kelihatannya kecil, tapi itu ratusan ribu. Ini diakibatkan oleh imbauan kami agar sepeda motor tidak digunakan untuk mudik," katanya, Jumat (2/8/2013).

Selain itu, Mangindaan menjelaskan upaya pemerintah menahan kenaikan tarif angkutan umum darat dan laut turut mendorong peralihan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum.

"Kami jamin tidak ada naik, kenyataan di lapangan tarif atas tidak dilewati, karena persaingan di pengusaha bus. Kapal mereka tidak berani karena tidak begitu laku," papar Menhub.

Secara total, Kemenhub memproyeksikan tahun ini ada sekitar 1,7 juta penduduk DKI yang mudik ke kampung halaman. Jumlah itu lebih sedikit 600.000 orang dari jumlah pemudik pada libur hari raya tahun lalu.

Angka tersebut didapatkan dari data PT Jasa Raharja dan berbagai penyelenggara program mudik gratis.

Tag : motor, kemenhub, lebaran, mudik
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top