Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisman: Juni Pecahkan Rekor

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia berhasil memecahkan rekor jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terbanyak sebesar 789.594 orang pada Juni 2013.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan jumlah kunjungan wisman terbanyak


Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia berhasil memecahkan rekor jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terbanyak sebesar 789.594 orang pada Juni 2013.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan jumlah kunjungan wisman terbanyak sebelumnya yakni 766.966 orang terjadi pada Desember tahun lalu. Jumlah kunjungan wisman pada Juni tahun ini mengalami kenaikan 13,5% secara year-on-year (y-o-y).

"Penaikan yang signifikan ini disebabkan oleh dimulainya peak season yang biasanya pada Juni-Agustus," kata Mari dalam jumpa pers di kantornya, Kamis (1/7/2013).

Kenaikan ini, imbuhnya, disumbangkan oleh wisman dari Uni Emirat Arab (122,4%), China (54,2%), Arab Saudi (34,3%), Hongkong (31,5%), dan Taiwan (30,4%).

Dia menambahkan secara kumulatif pertumbuhan jumlah wisman Januari-Juni 2013 mencapai 4.154.478 orang. Jumlah ini naik 7,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni 3.876.310 orang.

Pertumbuhan kunjungan wisman tertinggi, lanjutnya, berasal dari Uni Emirat Arab, yakni sebesar 91%. Negara lain seperti Arab Saudi mencatatkan pertumbuhan 22,8%, China (19,2%), Mesir (17,1%), dan Hongkong (16%). Peningkatan jumlah ini merupakan hasil dari strategi pemasaran yang fokus pada negara Asia dan Timur Tengah.

"Upaya promosi di kawasan Eropa juga telah menunjukkan hasil. Kami berharap bulan ke depan bisa mengalami tren positif sehingga target kunjungan wisman tahun ini bisa tercapai," ujarnya.

Dia menuturkan jumlah kunjungan wisman dari Eropa pada bulan ini mengalami kenaikan dua dijit dibandingkan dengan Juni 2012. Kenaikan terbesar berasal dari wisman Rusia sebesar 25%. Adapun wisman dari Belanda dan Jerman masing-masing mengalami kenaikan 15%.

Kemenparekraf menetapkan target jumlah kunjungan wisman dalam tiga skenario yakni optimistis (8,9 juta), moderat (8,6 juta), dan pesimistis (8,3 juta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper