Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Impor Sapi Potong Akan Dilakukan Sebanyak Mungkin

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memperkirakan impor sapi siap potong yang dilakukan dalam waktu dekat akan melebihi jumlah 3.000 ekor. "Saya kira lebih dari itu (3.000 ekor). Kita akan impor sebanyak mungkin, agar terjadi penurunan
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 19 Juli 2013  |  21:22 WIB
Impor Sapi Potong Akan Dilakukan Sebanyak Mungkin
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memperkirakan impor sapi siap potong yang dilakukan dalam waktu dekat akan melebihi jumlah 3.000 ekor.

"Saya kira lebih dari itu (3.000 ekor). Kita akan impor sebanyak mungkin, agar terjadi penurunan harga," ujar Gita Wirjawan seusai meninjau pasar murah di Kelurahan Buaran, Tangerang, Banten, Jumat (19/7/2013).

Gita menyampaikan pasokan sapi siap potong impor akan didatangkan sebelum akhir Juli 2013. Dengan impor besar itu, ditargetkan harga daging sapi dapat ditekan setara rata-rata Ramadhan tahun lalu yakni Rp76.000 per kg.

"Mudah-mudahan menjelang Lebaran terlihat penurunan (harga daging sapi) yang signifikan dibandingkan dengan saat ini Rp95.000 per kg, bahkan ada yang diatas itu," ujar Gita.

Terkait dugaan kartel harga daging yang dilakukan oknum tertentu, Gita mengatakan, masih terlalu dini untuk disimpulkan.

Menurutnya, yang jelas pasokan daging secara nasional tidak mencukupi permintaan yang melonjak pada Ramadhan ini. "Secara nasional dapat dipastikan pasokan kurang. Jadi ada tidaknya kartel, kalau pasokan kurang, maka harga tetap meningkat. Tapi saya sangat merangkul aspirasi kawan-kawan yang mengindikasikan telah atau akan terjadi kartelisasi, dan kalau memang ada akan kita sikapi serta tindak," ujar Gita.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian memutuskan mengimpor sapi siap potong tanpa kuota tertentu, guna stabilisasi harga daging yang melonjak di pasar.

Jumlah impor sapi siap potong tersebut di luar dari impor 3.000 ton daging sapi Australia oleh Bulog saat ini. Keputusan Pemerintah mengimpor sapi siap potong karena pasokan daging saat ini tidak sebanding dengan tingginya permintaan masyarakat.

Di sisi lain, Bulog hingga kini baru dapat mendatangkan 16 ton daging sapi impor, dari yang dialokasikan sebesar 3.000 ton.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gita wirjawan daging sapi kementerian perdagangan kementerian pertanian impor sapi potong
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top