Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peti Kemas di Pelabuhan Priok Harus Segera Dipindah

BISNIS.COM, JAKARTA—Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mendesak sejumlah pemilik barang yang telah memiliki surat persetujuan  pengeluaran barang di Pelabuhan Tanjung Priok agar segera memindahkan peti kemas menuju Cikarang Dry Port dan depo

BISNIS.COM, JAKARTA—Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mendesak sejumlah pemilik barang yang telah memiliki surat persetujuan  pengeluaran barang di Pelabuhan Tanjung Priok agar segera memindahkan peti kemas menuju Cikarang Dry Port dan depo peti kemas di pelabuhan Marunda.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Sahat Simatupang menjelaskan pemindahan peti kemas itu meruapakan salah satu solusi agar menekan tingginya dwelling time dan yard occupancy ratio (YOR) di Pelabuhan Tanjung Priok.

Sahat menjelaskan pihaknya telah membicarakan dengan Ditjen Bea dan Cukai untuk melakukan pemindahan sejumlah peti kemas tersebut, tetapi pihak Ditjen Bea dan Cukai tidak mengizinkan pemindahan barang tersebut dilakukan oleh operator terminal.

Menurutnya, pihak Ditjen Bea dan Cukai bersedia melakukan pemindahan peti kemas itu jika pemilik barang telah menyetujui rencana pemindahan peti kemas tersebut.

“Bea dan Cukai tidak bisa pindahkan barang karena pemilik barang tidak tahu [tetapi] mereka sejak Jumat  28 Juni 2013 janji mau serahkan nama pemilik barang biar kita bisa panggil. Namun hingga saat ini belum diserahkan data pemilik barang,” ujarnya saat ditemui Bisnis, Rabu Malam (3/7/2013).

Dia menilai pemindahan peti kemas ke wilayah Cikarang Dry Port sangat mendesak, karena luas lahan di Cikarang Dry Port mencapai 200 hektare, sehingga dapat menampung sejumlah peti kemas.

Selain itu dia menjelaskan pemindahan peti kemas menuju kawasan Marunda juga sangat memungkinkan karena pihak pengelola pelabuhan di Marunda telah menjalin kerja sama dengan operator Jakarta Internationl Container Terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper