Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELABUHAN PRIOK: Perluas Dermaga, Pelindo II Gelontorkan Rp292 Miliar

BISNIS.COM, JAKARTA-PT.Pelindo II (Indonesia Port Corporation/IPC) mengalokasikan dana Rp292 milliar untuk mendanai proyek perluasan dermaga dan lapangan penumpukan di terminal khusus pelayanan bongkar muat kendaraan niaga dan alat berat Pelabuhan Tanjung

BISNIS.COM, JAKARTA-PT.Pelindo II (Indonesia Port Corporation/IPC) mengalokasikan dana Rp292 milliar untuk mendanai proyek perluasan dermaga dan lapangan penumpukan di terminal khusus pelayanan bongkar muat kendaraan niaga dan alat berat Pelabuhan Tanjung Priok.

Armen Amir, Dirut PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT/anak perusahaan Pelindo II), mengatakan investasi itu dialokasikan pada tahun ini juga untuk penambahan fasilitas dermaga sepanjang 304 meter dan lapangan penumpukan seluas 10,5 hektare (ha).

Saat ini, pekerjaan perluasan dermaga dan lapangan penumpukan itu terus dipersiapkan dan pada akhir tahun ini ditargetkan sudah bisa dioperasikan.

 

“Mudah-mudahan akhir tahun ini fasilitas itu sudah bisa dioperasikan. Dana itu berasal dari kas perseroan (Pelindo II)," katanya.

 

Dermaga yang kini sedang disiapkan sepanjang 304 meter itu memiliki kedalaman -12 mLWS (Low Water Spring), sedangkan perluasan lokasi lapangan penumpukan berada di lahan ex Dok Kodja Bahari (DKB). “Nantinya fasilitas itu bisa meng-handle kegiatan sandar kapal besar (mother vessel)," katanya.

Sampai akhir tahun ini, IKT telah menyiapkan sejumlah program ekspansi lahan penumpukan di lokasi lainnya a.l. di eks lahan Darma Karya Perdana (DKP) seluas 7 ha, lahan eks kebakaran 4.000 meter, lahan eks Masaji Kargo Tama (MKT) 1.982 meter, lahan eks Eastern Pollymer seluas 3 ha.

"Kondisi eksisting lahan-lahan itu saat ini tinggal dilakukan pekerjaan pengerasan, sehingga diharapkan pada tahun ini sudah bisa dimanfaatkan untuk menambah kapasitas tampung terminal". (yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper