Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LADA PUTIH: Harga di Pangkalpinang Terkerek Permintaan Dunia

Lada Putih (foto:spicetrekkers.com)BISNIS.COM, PANGKALPINANG - Harga lada putih di tingkat pedagang pengumpul di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Minggu (16/6/2013), naik menjadi Rp85 ribu dibandingkan sebelumnya Rp80.000 per kilogram terdorong

Lada Putih (foto:spicetrekkers.com)

BISNIS.COM, PANGKALPINANG - Harga lada putih di tingkat pedagang pengumpul di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Minggu (16/6/2013), naik menjadi Rp85 ribu dibandingkan sebelumnya Rp80.000 per kilogram terdorong oleh meningkatnya permintaan pasar dunia.

"Kenaikan harga lada putih karena permintaan pasar dalam dan luar negeri tinggi, berdampak minat petani menjual hasil budidaya tersebut meningkat," ujar Ellan pedagang pengumpul di Pangkalpinang, Minggu.

Dia menjelaskan saat ini petani mulai menjual hasil perkebunan karena mereka menilai harga komoditas tersebut sudah sebanding dengan biaya pengelolaan tanaman komoditas ekspor itu.

"Harga lada putih diperkirakan akan terus mengalami kenaikan mencapai Rp95.000 per kilogram karena tingkat konsumsi masyarakat dalam dan luar negeri tinggi," ujarnya.

Dia mengatakan dalam sepekan terakhir ini, pedagang mampu mengumpulkan 750 kilogram dibanding sebelumnya hanya berkisar 200 kg - 300 kg lada putih per pekan.

"Transaksi mengalami peningkatan selain karena harga lada naik juga bertambahnya kebutuhan petani memasuki tahun ajaran baru, menjelang puasa Ramadan dan Idul Fitri," ujarnya.

Menurut dia, permintaan pasar luar negeri seperti Jepang, Amerika Serikat, negara-negara Eropa, Belanda dan lainnya cukup tinggi karena lada putih Babel atau Muntok white pepper memiliki cita rasa dan aroma yang khas.

Sementara itu hasil lada petani masih kurang memadai untuk memenuhi permintaan eksportir komoditas tersebut.

"Dalam beberapa tahun terakhir, hasil lada putih memang mengalami penurunan karena minat petani mengembangkan komoditas ini berkurang dan mereka lebih tertarik membudidayakan tanaman lainnya seperti karet, kakao, atau menambang bijih timah karena lebih mudah dan cepat menghasilkan uang," ujarnya.

Selain itu, kata dia, petani kesulitan memperoleh pupuk, bibit dan kayu junjung tanaman lada, meskipun ada, harganya tinggi sehingga biaya produksi budidaya tersebut meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper