Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERJA SAMA ENERGI: Indonesia Ingin Rangkul Papua Nugini

BISNIS.COM, JAKARTA -- Pemerintah RI ingin menghidupkan kerja sama bidang energi dan sumber daya mineral di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini.Menteri ESDM Jero Wacik menuturkan banyak potensi kerjasama eksplorasi di sekitar wilayah perbatasan yang

BISNIS.COM, JAKARTA -- Pemerintah RI ingin menghidupkan kerja sama bidang energi dan sumber daya mineral di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini.

Menteri ESDM Jero Wacik menuturkan banyak potensi kerjasama eksplorasi di sekitar wilayah perbatasan yang dapat dilakukan bersama antara RI dan Papua Nugini.

Di bagian wilayah Papua Nugini, ujarnya, telah ada investasi Exxon sebesar US$17 miliar dollar yang sudah hampir berproduksi. Sementara itu, lanjutnya, di sebelah barat yaitu di wilayah Indonesia mulai ada kegiatan eksplorasi yang dikerjasamakan dengan conoco phillips.

"Di perbatasan itu ada banyak minyak dan gas. Kita [Indonesia dan Papua Nugini] mau hidupkan kerja sama di bidang ini," ujar Jero usai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Selain minyak dan gas, ujar Jero, Papua Nugini juga ingin mendapatkan listrik dari Indonesia. Menurut dia, Papua Nugini ingin berinvestasi listrik di Indonesia untuk dikirimkan ke negara itu.

"Tanggal 17 Juni ini, Perdana Menteri Papua Nugini akan berkunjung ke sini [ke Indonesia]. Ini [kerjasama bilateral di bidang listrik, minyak, dan gas] akan kami hitung bersama," ujar Jero.

Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa menambahkan selain kunjungan Perdana Menteri Papua New Guinea, dalam 2 pekan ke depan presiden juga akan menerima kunjungan dua pimpinan negara tetangga, yaitu Presiden Timor Leste dan kemudian Presiden Vietnam.

"Tadi saya sudah berbicara dengan presiden, memaparkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kunjungan kenegaraan tersebut, masalah program dan terutama masalah-masalah substansi," ujar Marty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper