Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN: Penggunaan Angkutan Umum Diprediksi Melonjak 20%

BISNIS.COM, INDRAMAYU--Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik pada angkutan Lebaran 2013/1434 H berpotensi menembus di atas 20 juta  atau naik sekitar 20% dari jumlah pemudik pada tahun lalu (16,64 juta) seiring dengan masih tingginya

BISNIS.COM, INDRAMAYU--Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik pada angkutan Lebaran 2013/1434 H berpotensi menembus di atas 20 juta  atau naik sekitar 20% dari jumlah pemudik pada tahun lalu (16,64 juta) seiring dengan masih tingginya animo masyarakat untuk pulang kampung.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan prediksi itu berdasarkan hasil penelitian Kemenhub yang diperoleh dari 12 provinsi dengan pengumpulan data responden sistem acak. Hasil penelitian itu akan segera dipublikasikan kepada publik secara ditel dalam waktu dekat ini.

"Penelitian kami menunjukan pemudik tahun ini diperkirakan meningkat di atas 20 juta, antara 22 juta-24 juta, ini potensi yah, karena dari survei kami responden punya kecenderungan untuk mudik lagi tahun ini," katanya di sela-sela kunjungan persiapan angkutan Lebaran di Pantura, Selasa (28/5).

Kunjungan meninjau angkutan Lebaran tahun ini dilakukan Wamenhub bersama dengan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Alimoeso. Tujuannya untuk mengantasi sejumlah kendala pada penyelenggaraan mudik tahun lalu.

Berdasarkan hasil penelitian itu, katanya, pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil dan sepeda motor masih tinggi. Jumlah penggunaan sepeda motor diperkirakan tumbuh 8%-10% menjadi 3 juta unit sepeda motor, sedangkan jumlah mobil pemudik naik 6%-8% dibandingkan dengan tahun lalu menjadi 1,76 juta mobil.

Masih tingginya pemakaian kendaraan pribadi lantaran pemudik mengandalkan mobil dan sepeda motor untuk mobilitas saat berada di kampung halaman. "Mereka butuh mobilitas saat silaturahim," katanya.

Oleh karena itu pada tahun ini, pihaknya akan mempersiapkan jalur khusus sepeda motor, mengerahkan seluruh petugas dengan koordinasi dengan pemerintah daerah baik Pemerintah Kota maupun Pemerintah Kabupaten guna menambah kemampuan pengaturan lalu lintas, dan mengatasi sejumlah titik kemacetan pada mudik tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Tahir Saleh
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper