Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PROYEK JALAN TOL: Jakarta Tollroad Mengaku Sudah Punya Amdal

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemenang tender enam ruas tol dalam kota Jakarta, PT Jakarta Tollroad Development (JTD) mengungkapkan pihaknya sudah menyelesaikan analisis dampak lingkungan (Amdal).
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 24 Mei 2013  |  12:37 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemenang tender enam ruas tol dalam kota Jakarta, PT Jakarta Tollroad Development (JTD) mengungkapkan pihaknya sudah menyelesaikan analisis dampak lingkungan (Amdal).

Presiden Direktur PT JTD Frans Sunito menuturkan pihaknya terus melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk merealiasasikan pembangunan enam ruas tol.

"Secara substansi amdal sudah selesai, cuma perubahan penandatanganan amdal itu berbeda karena peraturannya," ujarnya di Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Dia menuturkan pihaknya tinggal menunggu keputusan Pemprov DKI Jakarta terkait persetujuan amdal untuk jalan tol yang dirancang dibangun melayang sepanjang 69,7 km tersebut.

Persetujuan itu meliputi amdal dan izin lingkungan dari Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Jokowi menunda pembangunan enam ruas tol tersebut karena menilai pembangunan enam ruas tol dalam kota itu tidak menjamin mengatasi kemacetan.

Lebih jauh Frans mengungkapkan pihaknya berharap semua ruas tol itu dapat terbangun. Dia tidak menampik dua ruas tol yakni Semanan-Sunter dan Sunter-Pulogebang dijadwalkan akan dibangun duluan.

Sementara empat ruas lainnnya yakni Duri Pulo-Kampung Melayu, Kemayoran-Kampung Melayu, Ulujami-Tanah Abang dan Pasar Minggu-Casablanca akan dibangun belakangan.

Frans menegaskan yang ditenderkan ialah pembangunan enam ruas tol bukan dua ruas tol. Pembangunan jalan tol yang digagas menyediakan satu jalur untuk bus rapid transit (bus way) itu diharapkan dapat dibangun seluruhnya sesuai dengan kesepakatan dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Untuk pembangunan enam ruas tol itu, Frans menambahkan, telah menadapat dukungan dari sindikasi perbankan.

Pembangunan enam ruas tol direncanakan terdiri atas empat tahap yakni tahap pertama, ruas Semanan-Sunter sepanjang 17,88 km dengan nilai investasi Rp9,76 triliun dan Koridor Sunter-Bekasi Raya sepanjang 11 km senilai Rp7,37 triliun.

Tahap kedua, Duri Pulo-Kampung Melayu sepanjang 11,38 km dengan nilai investasi Rp5,96 triliun dan Kemayoran-Kampung Melayu
sepanjang 9,65 km senilai Rp6,95 triliun.

Tahap ketiga, koridor Ulujami-Tanah Abang sepanjang 8,27 km dan nilai investasi Rp4,25 triliun. Keempat, pembangunan ruas jalan tol Pasar Minggu-Casablanca sepanjang 9,56 km dengan investasi Rp5,71 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi tol dalam kota enam ruas tol dalam kota jalan tol jakarta jakarta tollroad development
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top