Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMOGOKAN PELABUHAN: Pemilik Barang Cemaskan Congestion Surcharge

BISNIS.COM, JAKARTA—Pemilik barang di Pelabuhan Tanjung Priok bakal dikenakan congestion surcharge   atau biaya tambahan akibat kepadatan di pelabuhan menyusul rencana aksi setop operasi pelayanan jasa kepelabuhanan di pelabuhan tersibuk

BISNIS.COM, JAKARTA—Pemilik barang di Pelabuhan Tanjung Priok bakal dikenakan congestion surcharge   atau biaya tambahan akibat kepadatan di pelabuhan menyusul rencana aksi setop operasi pelayanan jasa kepelabuhanan di pelabuhan tersibuk di Indonesia itu.

Karenanya, pemilik barang mengharapkan semua pemangku kepentingan di Pelabuhan Tanjung Priok mengedepankan dialog  untuk mencari solusi persoalan ketimbang melakukan aksi setop operasi  pada 3 Juni.

Sekjen Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Achmad Ridwan Tento mengatakan, jika setop operasi dilakukan maka pemilik barang yang akan menanggung kerugian terbesar, karena lalu lintas barang ekspor impor terganggu.

Kerugian itu, kata dia, berupa demurrage atau kelebihan pemakaian kontener serta biaya penumpukan (storage) di pelabuhan.

“Siapa yang mau menanggung biaya demurrage dan storage itu? Belum lagi jika kami harus menanggung congesti on surcharge, belum lagi pelabuhan Priok akan di-black list dunia internasional,” ujarnya kepada Bisnis  hari ini, Rabu  (22/5/2013).

Dia mengatakan hal itu, merespon pertemuan tertutup forum komunikasi asosiasi penyedia dan pengguna jasa di pelabuhan Tanjung Priok yang membahas rencana setop operasi pada 3 Juni 2013, di seluruh pelabuhan Indonesia, termasuk di Pelabuhan Priok.

Ridwan menyatakan, dampak setop operasi  pelayanan jasa pelabuhan bakal  merugikan perekonomian nasional serta kegiatan industri terganggu. “Bahan baku ke pabrik tidak bisa di kirim dan ini akan sangat mengganggu proses produksi,” tuturnya.

Untuk itu, GINSI mengharapkan manajemeni  Pelindo II Tanjung Priok segera melakukan dialog  dengan seluruh pelaku usaha di pelabuhan tersebut guna mengurai persoalan yang terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper