Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SISTEM PENGAPALAN: CIF Akan Diuji Coba Agustus 2013

BISNIS.COM, JAKARTA—Sistem ketentuan Cost, Insurance and Freight (CIF) –biaya pengapalan sampai di Negara tujuan ekspor ditanggung eksportir– yang rencananya akan dijalankan oleh konsorsium perusahaan asuransi bakal diuji coba pada

BISNIS.COM, JAKARTA—Sistem ketentuan Cost, Insurance and Freight (CIF) –biaya pengapalan sampai di Negara tujuan ekspor ditanggung eksportir– yang rencananya akan dijalankan oleh konsorsium perusahaan asuransi bakal diuji coba pada Agustus tahun ini.

Direktur Utama  PT Asuransi Ekspor Indonesia Zaafriel Razief Amir mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dalam merancang sistem tersebut. Sejumlah perusahaan asuransi rencananya akan tergabung dalam konsorsium itu.

"Agustus kami akan uji coba untuk sistemnya," katanya saat memberikan sambutan dalam acara Penyerahan Sertifikat Credit Ratings oleh Fitch Ratings, Rabu (15/5/2013).

Dalam ketentuan CIF, biaya transportasi, pengapalan dan asuransi ditanggung eksportir. Sebaliknya, dalam ketentuan Freight on Board (FOB) yang sebelumnya berlaku, biaya itu ditanggung importir.

Pada umumnya tidak ada pengiriman barang melalui kapal tanpa asuransi. Ada tiga resiko yang ditanggung.

Pertama, resiko kerusakan serta hilangnya barang yang diangkut (marine cargo). Kedua, resiko bahaya laut yang dihadapi kapal (marine hull). Ketiga, resiko tidak dibayarnya barang oleh importir karena alasan komersial atau politik.

Alasan komersial antara lain importir pailit, cedera janji atau menolak menerima barang, sedangkan alasan nonkomersial seperti larangan transfer, pembatasan kuota impor, pencabutan izin usaha dan perang atau tindakan permusuhan lainnya. (sep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper