Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Data Terkini Pertumbuhan Penumpang Pesawat Secara Global

BISNIS.COM, JAKARTA—International Air Transport Assosiation menyatakan pertumbuhan traffic penumpang pesawat global pada Maret 2013 menunjukkan peningkatan 5,9% dibandingkan Maret tahun lalu.Direktur Jenderal dan CEO  International

BISNIS.COM, JAKARTA—International Air Transport Assosiation menyatakan pertumbuhan traffic penumpang pesawat global pada Maret 2013 menunjukkan peningkatan 5,9% dibandingkan Maret tahun lalu.

Direktur Jenderal dan CEO  International Air Transport Assosiation (IATA) Tony Tyler menjelaskan peningkatan pertumbuhan penumpang pesawat global pada Maret 2013 terjadi pada pasar negara berkembang dengan semua daerah menunjukan keuntungan.

Tyler menjelaskan kenaikan penumpang global sebesar 5,9% disebabkan oleh peningkatan penumpang pada perayaan Paskah pada Maret 2013.
 
"Permintaan yang kuat karena perjalanan udara yang konsisten dan peningkatan kondisi bisnis. Pasar negara berkembang terus menunjukkan ekspansi yang kuat. Meskipun harga minyak telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir namun permintaan tetap tinggi, " ujarnya dalam siaran pers, Kamis (2/5).

Dia menambahkan tren musiman penumpang global juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat dengan permintaan tingkat tahunan mencapai 8% dalam enam bulan sejak Oktober 2012.

Selain itu kapasitas penumpang global juga naik 3,5% dibandingkan dengan periode tahun lalu dan mendorong load factor  menjadi 80,3% atau meningkat 1,8 poin.

Permintaan penumpang internasional pada Maret 2013 juga meningkat 6,0% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu dan kapasitas meningkat 3,5% yang mendorong peningkatan load factor menjadi 79,9% atau meningkat 1,8 poin.


Tyler menyatakan pertumbuhan penumpang tertinggi terjadi di wilayah Timur Tengah dengan pertumbuhan mencapai 15,6% setiap tahun dan kenaikan kapasitas 14,2% yang mendorong kapasitas load factor maskapai penerbangan di Timur Tengah hingga 79,7%.

Selian itu maskapai penerbangan di Amerika Latin juga mencatat pertumbuhan yang tinggi pada Maret 2013 sebesar 11,8% dan peningkatan setiap tahun 13,3% karena didorong oleh kinerja perekonomian yang baik namun load factor di wilayah tersebut hanya mencapai 76,9% atau turun 1 poin.

 Menurutnya lalu lintas penerbangan oleh maskapai penerbangan di Asia-Pasifik naik 5,4% pada Maret 2013 dan pertumbuhan tertinggi terjadi di China karena meningkatknya perdagangan Asia sejak kuartal IV 2012.

Maskapai penerbangan Eropa mencatat pertumbuhan 3,7% pada layanan internasional dibandingkan Maret 2012 namun untuk penerbangan di Eropa tidak menunjukan peningkatan signifikan sejak Oktober 2012 karena masih dipengaruhi krisis ekonomi zona Euro.

Tyler melanjutkan lalu lintas penerbangan internasional oleh maskapai di kawasan Amerika Utara naik 2,4% pada Maret 2013 dan merupakan kawasan dengan pertumbuhan paling lambat dibandingkan daerah lain.

Menurutnya maskapai penerbangan di Afrika mencatat peningkatan penumpang  8,2% di bulan Maret dengan peningkatan kapasitas  5,7%, yang mendorong load factor hingga 67,8%.

Peningkatan penumpang pada pasar domestik juga naik 5,7% pada Maret 2013 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dengan pertumbuhan terbesar didorong oleh China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper