Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persemaian Cimanggis Targetkan Sejuta Bibit

BISNIS.COM, JAKARTA -- Pusat persemaian permanen Cimanggis menargetkan produksi bibit  1 juta batang pada 2013 atau lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun lalu yang 1,2 juta batang.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 22 April 2013  |  12:17 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA -- Pusat persemaian permanen Cimanggis menargetkan produksi bibit  1 juta batang pada 2013 atau lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun lalu yang 1,2 juta batang.

Pusat persemaian yang terletak di areal unit kearsipan Kementerian Kehutanan ini, sejatinya memiliki kapasitas bibit hingga 1,5 juta batang, tetapi idealnya adalah untuk 1 juta bibit saja.

“kapasitas kita antara 1 – 1,5 juta batang per tahun, tetapi tahun ini target kita hanya 1 juta batang untuk 50 jenis tanaman, kalau tahun lalu ada 65 jenis tanaman” kata Lamris Sitompul, Direktur Bina Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH), Senin (22/4/2013).

Proses pembibitan mulai dari mother plant (indukan) hingga bibit siap tanam, biaya produksinya setara dengan Rp.1.000 per bibit. jadi jika target tahun ini adalah 1 juta bibit, maka dibutuhkan biaya sebesar Rp.1 miliar.

“Bibit yang siap kita distribusikan itu tingginya sekitar 20 cm hingga 1 m, sedangkan biaya produksi untuk satu bibitnya itu setara dengan Rp.1.000 saja,” jelasnya.

Tanaman hasil pembibitan di pusat perbenihan Cimanggis ini diberikan secara gratis kepada masyarakat Jabodetabek, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya.

“Hasil pembibitan ditempat ini diberikan secara gratis kepada masyarakat, organisasi social ataupun juga LSM,” terang Direktur Perbenihan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

agribisnis kehutanan pembibitan
Editor : Endot Brilliantono

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top