Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT KAI Tingkatkan Pelayanan Terhadap Penumpang Kereta

BISNIS.COM, SEMARANG -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan pembenahan kondisi  Stasiun Semarang Poncol yang saat ini cenderung semrawut dan kumuh, guna peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api di stasiun yang telah berdiri

BISNIS.COM, SEMARANG -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan pembenahan kondisi  Stasiun Semarang Poncol yang saat ini cenderung semrawut dan kumuh, guna peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api di stasiun yang telah berdiri sejak 1941 itu. 

Vice Presiden PT KAI Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Totok Suryono mengatakan sejumlah pembenahan yang akan dilakukan itu, diantaranya meliputi penataan kawasan parkir, zonasi kawasan komersial, zonasi ruang tunggu penumpang, zonasi bangunan kedinasan, serta perbaikan kondisi bangunan. 

“Penataan Stasiun Semarang Poncol akan dilakukan melalui dua tahapan, dengan anggaran yang disediakan sekitar Rp2,3 miliar dari internal perseroan, demi menghilangkan kesemrawutan dan kesan kumuh dilingkungan stasiun, sehingga membuat nyaman penumpang,” tuturnya, Kamis (18/4/2013). 

Namun begitu, lanjutnya mengingat Stasiun Semarang Poncol, yang dibangun olehSCS (Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij) pada 1941 merupakan salah satu bangunan cagar budaya, maka untuk perbaikan beberapa titik bangunan, tidak akan merubah kondisi aslinya. 

“Tahap pertama akan dimulai dengan menta akawasan parkir, lalu zonasi kawasan komersial yang akan ditempatkan pada sisi timur gate (gerbang)masuk utama ke area stasiun, lalu zonasi kawasan kedinasan ditempatkan disebelah barat gate,” ujarnya. 

Selain itu, lanjutnya sejumlah perusahaan ekspedisi yang selama ini menempati area barat dan berdekatan dengan pintu keluar, akan dipindahkan ke sebelah timur disekitar kawasan komersial yang diperuntukkan bagi tenant-tenant. 

“Saat ini kami sudah mulai sosialisasi kepada masyarakat, pemilik tennat, perusahaan ekspedisi, dan lain sebagainya karena diharapkan pada Juni sudah bisa mulai dikerjakan dan diharapkan akhir tahun selesai,” tuturnya. 

Setelah itu, lanjutnya akan dimulai tahap kedua, pada awal 2014 yang kemungkinan akan didirikan sebuah bangunan mall kawasan stasiun pada sisi sebelah timur seluas sekitar 6.500 meter prsegi. “Tahap dua ini masih dalam pembahasan, fokus saat ini tahap pertama dahulu,” ujarnya. 

Manager Humas PT KAI Daops IV Semarang, Surono mengatakan dengan pembenahan dan penataan Stasiun Semarang Poncol tersebut diharapkan dapat mendongkrak jumlah penumpang kereta api melalui stasiun tersebut. 

“Saat ini jumlah penumpang yang melalui Staisun Semarang Poncol mencapai sekitar 1.200-1.500 penumpang setiap hari, dan diharapkan mampu meningkat dua kali lipat mulai awal 2014 mendatang,” ujarnya. 

Menurutnya, penataan tersebut juga dilakukan sebagai antisipasi selesainya proyek double track Jakarta-Surabaya yang melintasi Daops IV tersebut,” tuturnya. 

 

 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Puput Ady Sukarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper