Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Pelindo III & Pemprov Jatim Kelola Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo

BISNIS.COM, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III akan mengelola pelabuhan di Tanjung Tembaga Probolinggo, Jawa Timur.Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III Edi Priyanto menjelaskan pelabuhan di Tanjung Tembaga Probolinggo dibangun oleh Dinas Perhubungan

BISNIS.COM, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III akan mengelola pelabuhan di Tanjung Tembaga Probolinggo, Jawa Timur.

Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III Edi Priyanto menjelaskan pelabuhan di Tanjung Tembaga Probolinggo dibangun oleh Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Jawa Timur. 

Edi menyatakan pelabuhan itu dibangun untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya karena perkembangan industri di sekitar Probolinggo terus berkembang.

Dishub dan LLAJ Jawa Timur, imbuhnya, telah melakukan reklamasi lahan seluas 20 hektar di wilayah Pelabuhan Tanjung Tembaga dan melakukan pembangunan jalan beton sepanjang 1057 X 15 meter.

Dia menambahkan pihak Dishub dan LLAJ Jawa Timur juga membangun lapangan penumpukan berukuran 260 X 54,3 meter.

“Pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur ini cukup tinggi Pelabuhan Tanjung Perak sebagai pintu gerbang perekonomian sudah cukup padat.  Untuk itu, fasilitas di Pelabuhan Tanjung Tembaga ini kita siapkan sebagai alternatif lain pengiriman barang melalui jalur laut,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu ( 17/4/2013).

Dia menjelaskan pihaknya bersama Dishu dan LLAJ Jawa Timur akan bekerja sama dalam pengelolaan lahan dan fasilitas Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Menurutnya pihaknya akan memanfaatan pelabuhan itu berdasarkan rencana induk pelabuhan (RIP) dan tata guna lahan di Pelabuhan Tanjung Tembaga yang meliputi gudang, lapangan penumpukan, angkutan bandar, alat bongkar muat, peralatan pelabuhan, jasa terminal, kegiatan konsolidasi dan distribusi barang termasuk hewan, kegiatan embarkasi dan debarkasi penumpang, jasa persewaan fasilitas dan peralatan di bidang kepelabuhanan dan depo petikemas.

Dia menjelaskan Pelindo III juga memiliki fasilitas pelabuhan di Pelabuhan Tanjung Tembaga yang terdiri dari  dermaga talud sepanjang 1000 meter, dermaga pinggiran 337 meter, dan dermaga beton sepanjang 20 meter.

“Kendala kami di Pelabuhan Tanjung Tembaga adalah kedalaman kolam pelabuhan.  Hal itu mengakibatkan kapal-kapal besar tidak dapat bersandar di dermaga yang kami miliki,”katanya.


Menurutnya berdasarkan data arus kapal dan barang di Pelabuhan Tanjung Tembaga pada 2012 mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan 2011

Pada tahun 2012 arus kunjungan kapal sebanyak 1.138 unit sedangkan arus barang tercapai 27.899 ton dan 204.066 m3.

Adapun realisasi arus kapal dan barang yang melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo pada tahun 2011 tercatat arus kapal 1.481 unit dan arus barang mencapai 28.807 ton dan 239.771 m3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper