Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

LAPANGAN KERJA Lampaui Pertumbuhan Angkatan Kerja

BISNIS.COM, JAKARTA—Tingkat partisipasi angkatan kerja Indonesia pada 2012 sebesar 67,9% dinilai menurun dibandingkan dengan 2011. Namun, pertumbuhan lapangan kerja mampu melampaui pertumbuhan angkatan kerja hingga 1%.Ekonom International Labour
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 04 April 2013  |  17:44 WIB
LAPANGAN KERJA Lampaui Pertumbuhan Angkatan Kerja
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Tingkat partisipasi angkatan kerja Indonesia pada 2012 sebesar 67,9% dinilai menurun dibandingkan dengan 2011. Namun, pertumbuhan lapangan kerja mampu melampaui pertumbuhan angkatan kerja hingga 1%.

Ekonom International Labour Organization (ILO) Emma Allen mengatakan antara bulan Agustus 2011 hingga 2012 pada bulan yang sama terdapat penambahan 1,13 juta pekerjaan. Angkatan kerja masih terpusat di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali dengan porsi 81,2%.

"Data ini menunjukkan partisipasi angkatan kerja di Indonesia masih cukup baik. Sayang, dengan adanya angkatan kerja yang terpusat ini memperlihatkan adanya ketimpangan regional," kata Allen dalam peluncuran Laporan ILO 2013.

Dia menambahkan perekonomian Indonesia cukup baik dengan pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar 6,23% di tengah ketidakpastian global. Kuatnya konsumsi domestik dan pertumbuhan investasi ditunjukkan dengan pertumbuhan sektor nonmigas hingga 6,8%. Sedangkan sektor migas mengalami penurunan 3,3%.

Adapun tingkat pengangguran 2012 telah menurun dari 6,32% pada Februari menjadi 6,14% pada Agustus. Penurunan ini terjadi di hampir semua propinsi kecuali Aceh dan Sulawesi Tenggara.

Allen menekankan meski demikian kalangan muda diperkirakan masih enam kali lebih besar menjadi penganggur dibandingkan dengan usia 25 tahun ke atas. Pengangguran muda mencapai 56% dari penduduk penganggur pada Agustus 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ilo
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top