Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA DAGING: Kerja Sama Peternak-Pengusaha Tekan Lonjakan

TUBAN--Pemerintah mendorong pelaku usaha pengolahan daging sapi bekerja sama dengan peternak sapi guna menekan harga jual.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 24 Februari 2013  |  15:57 WIB
HARGA DAGING: Kerja Sama Peternak-Pengusaha Tekan Lonjakan
Bagikan

TUBAN--Pemerintah mendorong pelaku usaha pengolahan daging sapi bekerja sama dengan peternak sapi guna menekan harga jual.

Direktur Budi Daya Ternak Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Fauzi Luthan mengatakan kerja sama tersebut memungkinkan mata rantai distribusi daging sapi diperpendek sehingga harga tidak melambung tinggi di pasar konsumen.

Dia memaparkan para peternak sapi mulai melakukan usaha pembibitan dan penggemukan sapi. Namun, kendala yang mereka hadapi adalah distribusi ke luar daerah.

Menurutnya, salah satu upaya adalah menjalin kerja sama dengan asosiasi industri yang membutuhkan daging sapi, seperti asosiasi pedagang sapi maupun pengolahan daging sapi.

"Dengan kerja sama langsung dengan asosiasi, harga daging di sentra konsumsi seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat bisa turun perlahan-lahan. Bahkan harganya bisa Rp80.000-Rp85.000 per kilogram," jelas Fauzi (24/2/2013) usai meninjau peternakan sapi di Tuban.

Salah seorang peternak sapi potong di Tuban, Joko Utomo menyampaikan dia dan kelompok tani lainnya sepakat akan menyuplai karkas sapi kepada Asosiasi Pengolahan Daging Skala UKM dan Rumah Tangga (Aspedata) mulai Maret 2013.

Joko dan Kelompok Tani Ternak Bumi Peternakan Wahyu Utama memiliki lahan peternakan seluas 15 hektare di Bancar, Tuban, Jawa Timur yang dilengkapi dengan rumah potong hewan. 

"Biaya angkut sapi cukup mahal, kami pun mencoba potong sendiri dan menjual berupa karkas. Kami akan mengirim karkas seberat 10-15 ton untuk Aspedata, seharga Rp70.000/kg," jelas Joko. (msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging daging sapi sapi peternakan harga daging

Sumber : Edwina

Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top