Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementerian ESDM Siapkan Aturan Detail Pengganti Permen ESDM 7/2012

News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Januari 2013  |  14:22 WIB
JAKARTA--Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengganti pasal-pasal Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 7/2012 yang dibatalkan Mahkamah Agung (MA) dengan pengaturan yang lebih detail.
 
Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Thamrin Sihite mengatakan saat ini pihaknya telah memiliki konsep yang lebih rinci untuk mengganti pasal-pasal Permen ESDM No. 7/2012 yang telah diminta dicabut oleh MA.
 
"Sebenarnya Permen ESDM No. 7/2012 telah direvisi dengan adanya Permen ESDM No. 11/2012. Kalau ada pun konsep kami sekarang mungkin akan lebih merinci bagaimana pelaksanaan dari pengolahan dan pemurnian itu," katanya di Jakarta, Kamis (24/1).
 
Saat ini menurutnya, pemerintah sedang fokus dalam upaya peningkatan pengolahan dan pemurnian bijih mineral di dalam negeri. Hal itu dilakukan dengan memberikan berbagai insentif agar investor mau menanamkan modalnya untuk pengolahan dan pemurnian hasil tambang.
 
Kementerian ESDM sendiri belum mau berbuat banyak terkait putusan MA yang meminta pemerintah sebagai pihak termohon mencabut Pasal 8 ayat (3), Pasal 9 ayat (3), Pasal 10 ayat (1) dan ayat (2), serta Pasal 21 dalam Permen ESDM No. 7/2012.
 
Hal itu dikarenakan saat ini UU No. 4/2009 yang menjadi landasan hukum Permen tersebut masih dalam proses uji materiil di Mahkamah Konstitusi (MK).(Faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Lili Sunardi

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top