Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SPAM UMBULAN Terbentur besaran dana VGF

JAKARTA—Pemberian dana dukungan kelayakan proyek atau VGF (viability gap fund)  proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan  belum ada titik temu.
- Bisnis.com 22 Januari 2013  |  21:18 WIB

JAKARTA—Pemberian dana dukungan kelayakan proyek atau VGF (viability gap fund)  proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan  belum ada titik temu.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan saat ini belum menemukan titik temu karena masih ada ketidaksepahaman penetapan tarif antara Pemda Jatim dengan Pemerintah Pusat.

"Sekarang penetapan tarif belum cocok. Dari sini [Kemenkeu] inginnya VGF tidak terlalu besar sehingga tarifnya harus naik. Jika Pemda Jatim mau menaikkan tarif, menurut mereka masyarakat tidak mampu," jelasnya Selasa, (22/1).

Kementerian Keuangan menegaskan untuk membatasi pemberian dana  VGF maksimal sebesar 49% dari nilai total keseluruhan proyek.

Sebelumnya, Pemda Jatim berencana mengajukan besaran VGF senilai Rp700-800 miliar. Jumlah itu lebih besar dari pagu VGF dalam APBN 2013 yang ditetapkan sebesar Rp341,3 miliar.

Jika dihitung, pengajuan VGF dari Pemda Jatim sebesar 31,8% sampai 36,4% dari total nilai investasi proyek SPAM Umbulan. Kementarian Pekerjaan Umum mengatakan total nilai investasi terakhir proyek SPAM Umbulan adalah sebesar Rp2,2 triliun.  (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top