Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: KBN Merugi Rp 1,7 Miliar/ hari

JAKARTA- Sebanyak 90 perusahaan yang berada di kawasan berikat nusantara (KBN) mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 1,7 miliar.Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan dari 90 perusahaan tersebut masing-masingnya mengalami kerugian

JAKARTA- Sebanyak 90 perusahaan yang berada di kawasan berikat nusantara (KBN) mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 1,7 miliar.

Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan dari 90 perusahaan tersebut masing-masingnya mengalami kerugian sekitar Rp
190.000.000 per harinya.

Menurut Sarman kebanyakan perusahaan di KBN merupakan perusahaan bergerak di bidang tekstil sehingga kerugian yang dialami bisa diestimasi per rata-rata produksi hariannya.

Estimasi yang diberikan adalah rata-rata produksi per hari 10.000/pcs dengan ongkos jahit $2 bisa di kalkulasikan menjadi Rp 190.000.000. Beberapa kendala yang muncul akibat banjira diantaranya keterlambatan produksi, dan keterlambatan pengiriman barang.


Sementara itu kerugian juga dialami oleh kalangan pengusaha dikawasan industri Pulogadung. Sekitar 300 perusahaan lumpuh total tidak beroperasi akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut yang mencapai 40 meter.
Kerugian diperkirakan 1,5-2 miliyar perhari belum lagi peralatan produksi yang terkena banjir.

Dengan kerugian tersebut,kalangan pengusaha berharap agar Instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait penanganan banjir bisa segera dikerjakan sehingga kedepannya tidak merugikan perekonomian Jakarta pada umumnya setiap tahun. (33/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Emanuel Tome Hayon

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper