Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INFRASTRUKTUR: PU Akan Bangun Bendungan Di Jambi & Padang

JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum segera membangun dua bendungan di Jambi dan Padang Pariaman Sumatera Barat, menyusul ditandatanganinya kontrak konstruksi senilai Rp201,59 miliar kemarin.  
Linda Tangdialla
Linda Tangdialla - Bisnis.com 08 November 2012  |  13:36 WIB

JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum segera membangun dua bendungan di Jambi dan Padang Pariaman Sumatera Barat, menyusul ditandatanganinya kontrak konstruksi senilai Rp201,59 miliar kemarin.  

Pembangunan proyek infrastuktur tersebut  merupakan lanjutan tahap kedua, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum di kawasan itu. 

Sebelumnya, konstruksi tahap I (untuk 6.764 ha) sudah selesai pembangunannya pada 1997 dengan dana pinjaman Bank Pembangunan Asia sebesar US$ 17,53 juta.  Ditambah dana APBN sebesar 12% sebagai pendamping. Sedngkan untuk tahap II  (6.840 ha)  saat ini pembangunannya  dilaksanakan melalui program PIRIMP. 

Dua bendungan itu yakni paket pekerjaan pembangunan Bendung Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi senilai Rp97,27 miliar, dan pembangunan di Batang Anai II Paket AMS 04 PIRIMP (Participatory Irrigation Rehabilitation and Improvement Project) di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Rp104,32 miliar.  

Direktur Jenderal SDA Mohammad Hasan mengatakan pembangunan dua bendungan itu, ditujukan untuk pengairan irigasi di wilayah sekitar, guna mendukung upaya pencapaian surplus beras 10 juta ton untuk ketahanan pangan nasional.  

Dia mengatakan, dari potensi lahan untuk irigasi di Jambi seluas 112,24 hektar, sebanyak 6.210 hektar nya ada di wilayah Batang Asai, karena itu kawasan itu potensial dikembangkan untuk irigasi. 

"Pemda dan masyarakat sekitar juga konsisten dalam pembangunan jaringan irigasi ini, menyusul adanya perjanjian kerjasama pengembangan lahan pertanian berkelanjutan pada Daerah Irigasi Batang Asai, Kabupaten Sarolangun yang telah disepakati tahun 2011,” ujarnya i Jakarta, Kamis (08/11). 

Dia menjelaskan sumber air untuk pembangunan bendungan DI Batang Asai, akan diambil dari Sungai Batang Asai dengan debit keandalan 7000 liter/detik, dengan sistem irigasi yang ada (irigasi PID/irigasi pompa). Berdasarkan keandalan air, rencana pembangunan  (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top