Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DARURAT BBM: Sejumlah wilayah di Sumatra dan Kalimantan kesulitan pasokan bahan bakar

JAKARTA: Krisis ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) melanda sejumlah wilayah di Sumatra dan Kalimantan sehingga memicu meroketnya harga jual di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Parahnya lagi, Direktur Jenderal Minyak dan

JAKARTA: Krisis ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) melanda sejumlah wilayah di Sumatra dan Kalimantan sehingga memicu meroketnya harga jual di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Parahnya lagi, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo menegaskan permintaan tambahan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi tidak akan bisa dilakukan karena jatah BBM Subsidi sudah dibagi secara nasional.KALIMANTANKrisis BBM di pulau Kalimantan sudah sangat mengkhawatirkan. Sebuah laman berita nasional mengabarkan bahwa para penduduk yang bermukim di wilayah perbatasan Kalimantan terpaksa harus membeli BBM dari wilayah Malaysia dengan harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per liter.Menyadari krisis itu, empat kepala daerah dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur mengajukan penambahan kuota BBM ke Menteri ESDM, BPH Migas termasuk ke DPR RI.BATAMAkibat kelangkaan yang terus terjadi hingga saat ini, Walikota Batam Ahmad Dahlan mengumumkan kondisi darurat di kota Batam. Pernyataan ini untuk penanganan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) akibat kelangkaan yang terus. Seluruh unsur musyawarah pimpinan daerah (muspida) langsung dikerahkan untuk menangani persoalan yang terus meresahkan warga kota.Kondisi darurat ini menurut Dahlan ditargetkan hingga satu bulan ke depan sejak hari ini. Untuk itu, Muspida langsung mengambil langkah setelah dibahas secara maraton di lantai lima Kantor Walikota Batam.Pelibatan seluruh unsur aparat keamanan ini, diakibatkan oleh adanya dugaan terjadinya penyelewengan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab hingga mengakibatkan BBM langka.Lalu tugas Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas dan PT Pertamina Batam, mengusahakan penambahan kuota karena hingga saat ini tidak ada penambahan kuota secara signifikan.SUMATRA BAGIAN SELATANPT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran Sumatera bagian selatan menyiapkan jalur distribusi darurat untuk memastikan pasokan bahan bakar minyak sesuai dengan yang diperlukan konsumen.Pertamina setempat telah menyiapkan jalur distribusi regular, alternatif, dan emergency guna mengamankan pasokan dan ketersediaan BBM itu dengan jumlah dan waktu yang diperlukanMeski Pertamina telah berupaya menggunakan system manajemen pasokan dan perbaikan sistem distribusi, namun terbilang rendahnya modal para pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) telah meninggalkan persoalan tersendiri, yang dapat mendorong terjadinya kekosongan di sejumlah lokasi. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper