Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOPI YUNAN berambisi kuasai pasar Asia

DEHONG, China - Industri kopi Provinsi Yunan bertekad menjadi pemasok kopi terbesar di pasar Asia sebagai salah satu upaya pengembangan potensi perekonomian di wilayah itu.Hingga saat ini kopi dari Vietnam dan Indonesia merupakan yang terbesar

DEHONG, China - Industri kopi Provinsi Yunan bertekad menjadi pemasok kopi terbesar di pasar Asia sebagai salah satu upaya pengembangan potensi perekonomian di wilayah itu."Hingga saat ini kopi dari Vietnam dan Indonesia merupakan yang terbesar di pasar Asia," kata Ketua Asosiasi Industri Kopi Yunan, Xiangru Xiong di Mangshi City, Dehong, Jumat.Xiangru menyebutkan, industri kopi di Yunan memiliki teknologi budi daya dan pengolahan kopi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan produksi dan pengolahan kopi.Ia menyebutkan, produksi kopi di Provinsi Yunan saat ini mencapai sekitar 18 juta ton yang kemudian antara lain diolah di PT Hogood Coffee yang terletak Mangshi City, Wilayah Dehong, Provinsi Yunan.Perusahaan tersebut menangani produksi kopi mulai dari perkebunan, pengolahan, kopi siap minum dalam kemasan dan produk-produk yang terkait dengan kopi seperti peralatan pembuatan kopi."Kami mengekspor kopi ke lebih dari 30 negara terdiri dari 11 negara di kawasan Eropa," kata Xiangru Xiong yang juga Direktur Utama PT Hogood Coffee.Selain itu, Yunan juga mengekspor kopi ke negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan seperti Myanmar dan India.Yunan merupakan salah satu provinsi di Yunan yang memiliki iklim yang cocok untuk pertanian dan perkebunan karena musim dingin yang pendek, curah hujan tinggi, dan banyak sinar matahari.Yunan merupakan provinsi dengan jumlah spesies flora terbesar di China. Dari 30.000 sepesies flora di China, sebanyak 17.000 atau 62,9 persen dapat ditemukan di Yunan.Yunan memiliki lebih dari 300 varietas yang dapat dipanen termasuk teh, karet, minyak palem, dan kopi.Sebagian besar wilayah Yunan (94 persen) merupakan pegunungan hingga mencapai 6.740 meter di atas permukaan laut. Sementara enam persen merupakan lembah. Daerah terendah berada pada ketinggian 76,4 meter yang berbatasan dengan Vietnam, sehingga rata-rata ketinggian Provinsi Yunan 2.000 meter di atas permukaan laut.Yunan juga merupakan provinsi yang memiliki danau terbesar di China. Terdapat 37 danau dengan luas di atas satu km persegi. Danau terbesar adalah Danau Dianchi dengan luas 306,3 km persegi dengan isi air tawar. Danau The Erhai Lake di Wilayah Otonom Dali Bai memiliki luas 250 km persegi, Danau Fuxian seluas 151,5 km persegi merupakan danau terdalam di Yunan. (Antara/faa) 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper