Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PU luncurkan teknologi PENGELOLAAN AIR bersih

JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum meluncurkan aplikasi enam teknologi pengelolaan air bersih, air limbah dan sampah yang ramah lingkungan pada tahun ini.Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Kementerian PU Anita Firmanti mengatakan teknologi

JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum meluncurkan aplikasi enam teknologi pengelolaan air bersih, air limbah dan sampah yang ramah lingkungan pada tahun ini.Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Kementerian PU Anita Firmanti mengatakan teknologi tersebut diharapkan dapat mempercepat peningkatan akses sanitasi dan mengatasi kelangkaan air khususnya bagi masyarakat perkotaan."Dengan banyaknya aktivitas perumahan dan industri, kualitas air baku jadi menurun. Kami menciptakan teknologi ramah lingkungan untuk pengelolahan  air bersih, air limbah, dan sampah," tuturnya, Kamis 31 Mei 2012. 

Keenam teknologi tersebut ialah Instalasi Pengolahan Air Limbah grey water Biorotasi yang terdiri dari sistem biofilter dan taman sanita dengan resirkulasi.

 

Biorotasi dapat mengolah air limbah rumah tangga untuk digunakan kembali menjadi air bersih dengan kapasitas pengolahan 1m3/hari. 

Kedua, instalasi Bioutour yang dapat mendaur ulang air limbah menjadi air bersih. Teknologi ini bisa digunakan di rumah susun atau untuk menyaring air yang akan dibuang ke sungai sehingga dapat mengurangi pencemaran.  "Dengan menggabungkan teknologi ultrafiltrasi dengan proses biologi yang ramah lingkungan, kita bisa memanfaatkan air baku yang kurang baik menjadi air bersih yang layak digunakan. Biotour di desain untuk debit 20m3/hari [50 kepala keluarga]," tuturnya.  (ra)

 

 

BERITA LAINNYA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper