Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PELABUHAN MERAK: Pemerintah diminta tambah dermaga

JAKARTA: Kementerian Perhubungan diminta mempercepat penambahan dermaga di Merak—Bakauheni mengingat selama ini fasilitas penyeberangan di jalur tersebut tidak memadai.Tahun lalu pemerintah sudah menggagas pembangunan Dermaga 6 Merak—Bakauheni,
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 29 Mei 2012  |  12:25 WIB

JAKARTA: Kementerian Perhubungan diminta mempercepat penambahan dermaga di Merak—Bakauheni mengingat selama ini fasilitas penyeberangan di jalur tersebut tidak memadai.Tahun lalu pemerintah sudah menggagas pembangunan Dermaga 6 Merak—Bakauheni, Lampung, tetapi hingga saat ini proyek tersebut masih belum terealisasi. Anggota Komisi V DPR Muhamad Arwani Thomafi menekankan penambahan dermaga sangat penting karena selama ini fasilitas penyeberangan di Merak—Bakauheni tidak memadai.“Setiap terjadi kerusakan satu dermaga saja akan beimbas pada kemacetan. Seperti yang terjadi saat ini ketika Dermaga 2 diperbaiki, kemacetan mengular hingga 15 km. Belum lagi sinyalemen adanya oknum yang mengambil kesempatan dengan menerapkan jalur tembak,” katanya, hari ini, 29 Mei 2012. Menurut dia, jumlah dermaga di Merak dan Bakauheni jangan sampai tidak sama karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap antrean kapal untuk bersandar. 

”Penting juga ada penambahan dermaga di Bakauheni agar penyeberangan lancar. Jangan sampai jumlah dermaga di Merak dan Bakauheni tidak sama,” katanya.Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan sebelumnya juga mendesak Kementerian Perhubungan mempercepat pembangunan Dermaga 6 di Pelabuhan Merak untuk mengurangi antrean panjang di pelabuhan penyeberangan itu.Pada 27 Mei lalu, ratusan sopir truk mengamuk di Pelabuhan Merak, Banten pada 27 Mei yang dipicu adanya oknum aparat yang mengawal truk tertentu masuk ke kapal. Ratusan sopir truk yang tidak menerima kondisi itu merusak kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak.(mmh)

MORE ARTICLES:

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Intan Permatasari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top