Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILOT GARUDA: 25 Pilot dari BIFA diwisuda

JAKARTA: Maskapai Garuda Indonesia kembali mewisuda 25 pilot baru dari sekolah penerbang Bali International Flight Academy (BIFA). Hingga 2015, Garuda akan merekrut 400 penerbang tambahan.Pilot-pilot yang baru diwisuda tersebut merupakan pilot Garuda
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 26 Mei 2012  |  16:59 WIB

JAKARTA: Maskapai Garuda Indonesia kembali mewisuda 25 pilot baru dari sekolah penerbang Bali International Flight Academy (BIFA). Hingga 2015, Garuda akan merekrut 400 penerbang tambahan.Pilot-pilot yang baru diwisuda tersebut merupakan pilot Garuda angkatan ke enam yang mendapatkan pendidikan di BIFA. Acara wisuda dan penyerahan para pilot tersebut dilakukan oleh Robby Djohan, Chairman BIFA kepada Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Emirsyah Satar di Four Seasons Hotel, Jakarta. Emirsyah mengatakan bahwa kerjasama dengan BIFA ini sangat membantu pencapaian program ekspansi Garuda Indonesia ke depan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan akan pilot.“Sejalan dengan program pengembangan armada yang dilakukan, Garuda juga melaksanakan program pengembangan awak pesawat untuk menjamin ketersediaan pilot-pilot yang berkualitas,” kata Emirsyah, dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Sabtu, 26 Mei 2012. Dia menjelaskan seluruh pilot angkatan ke enam tersebut telah siap bergabung dengan Garuda Indonesia setelah menempuh waktu pendidikan serta pelatihan penerbangan selama 16 bulan untuk meraih sertifikasi Private Pilot Licence (PPL), Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating.

 

Selanjutnya mereka akan mendapatkan pendidikan lanjutan selama enam bulan lagi untuk mendapatkan pendidikan “typerating” agar memenuhi kualifikasi dalam menerbangkan jenis pesawat yang akan mereka operasikan nantinya. Chairman BIFA Robby Djohan mengatakan bahwa kerjasama pelatihan para penerbang dengan Garuda Indonesia telah berjalan kurang lebih selama tiga tahun dan telah menghasilkan lebih dari 100 pilot.“Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan BIFA kepada maskapai nasional Indonesia. Kami bangga telah menjadi bagian dalam program transformasi Garuda Indonesia, khususnya dalam mendukung Garuda Indonesia dalam merealisasikan visinya menjadi perusahaan penerbangan global melalui program Quantum Leap,” tambah Robby. VP Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan saat ini Garuda Indonesia memiliki lebih dari 1.000 pilot yang sebagian besar merupakan pilot Airbus 330 series dan Boeing 737-800 NG.

 

Dengan pengembangan armada yang dilaksanakan, dan untuk memenuhi kebutuhan pilot hingga 2015, Garuda Indonesia akan merekrut lebih kurang sebanyak 400 calon pilot tambahan. Untuk mengisi kebutuhan akan pilot-pilot tersebut, lanjut Pujobroto, selain dengan BIFA, Garuda Indonesia juga bekerjasama dengan STPI Curug dan sekolah penerbang lainnya.

 

BIFA telah berhasil mendidik sebanyak enam angkatan pilot Garuda dengan jumlah sekitar 137 pilot di mana angkatan pertama diterima Garuda pada Maret 2010.

 

Para pilot angkatan pertama dan kedua telah bekerja menerbangkan pesawat–pesawat Garuda sebagai First Officer (FO), sementara angkatan ke tiga, ke empat dan ke lima masih menjalani pendidikan typerating di Garuda Indonesia Training Center (GITC). Saat ini sebanyak 25 siswa pilot Garuda masih menjalani pendidikan di BIFA. BIFA merupakan sekolah penerbang  berstandar internasional yang menawarkan pendidikan untuk berkarir di bidang industri aviasi sebagai penerbang.

 

Melalui program pendidikan di BIFA para murid berkesempatan untuk mendapatkan sertifikat Commercial Pilot License (CPL) dengan standar yang tinggi. (ea) 

 

 

CURRENT ISSUES:

SITE MAP:

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top