Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELABUHAN CILAMAYA: Bakal dilengkapi tol dan jalur kereta

BANDUNG: Pembangunan pelabuhan Cilamaya, Karawang akan dilengkapi akses tol dan jalur kereta. Pelabuhan ini difungsikan untuk mengurangi beban Tanjung Priok yang sudah over capacity.Menteri Perhubungan E.E Mangindaan mengatakan pelabuhan Cilamaya sudah

BANDUNG: Pembangunan pelabuhan Cilamaya, Karawang akan dilengkapi akses tol dan jalur kereta. Pelabuhan ini difungsikan untuk mengurangi beban Tanjung Priok yang sudah over capacity.Menteri Perhubungan E.E Mangindaan mengatakan pelabuhan Cilamaya sudah mendesak karena Tanjung Priok sudah harus memiliki pelabuhan pendukung untuk memberikan daya tampung yang lebih besar."Tanjung Priok hampir sama dengan Bandara Soekarno-Hatta. Soetta sudah penuh, Priok penuh. Kita buka Kalibaru yang nantinya akan connect dengan Cilamaya," katanya usai acara Asean Senior Transport Official Meeting [STOM] ke-33 di Bandung, Selasa 22 Mei 2012. Proyek pembangunan Cilamaya menurutnya akan segera digelar usai pelabuhan Kalibaru rampung dikerjakan. Menurut Mangindaan, pihaknya memprioritaskan terlebih dahulu Kalibaru karena pemerintah tidak mungkin menggelontorkan anggaran untuk pembangunan 2 pelabuhan sekaligus."Dananya itu besar sekali, pelan-pelan, kalau sekaligus nanti daerah lain berteriak," katanya pada Bisnis.Rencananya akses menuju Cilamaya akan dilengkapi oleh akses tol dan jalur kereta.Menurut Mangindaan, akses ini ditawarkan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) Jepang lewat Japan International Cooperation Agency [JICA] yang juga menggarap proyek pelabuhan tersebut."Selain jalan tol mereka juga tawarkan jalur kereta api. Mereka mau membantu, kenapa tidak?" katanya.Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dicky Saromi, proyek Cilamaya pasti akan berjalan karena sudah masuk Peraturan Kementerian Perhubungan sebagai bagian dari rencana pengembangan pelabuhan Tanjung Priok.Saat ini studi Cilamaya sedang difinalkan pihak pemerintah dan JICA."Tanjung Priok sudah tidak bisa bertahan  dari sisi kapasitas. Cilamaya akan diperuntukan bukan hanya untuk limpahan dari Priok, tapi memiliki akses sendiri ke pengembangan Karawang Selatan," paparnya. (ra)

 

 

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Wisnu Wage Pamungkas

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper