Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI KOPERASI: Delegasi 20 negara akan datang ke Mataram

JAKARTA: Sejumlah 20 negara dari kawasan Asia Pasifik dipastikan hadir pada hari International Year of Cooperative atau hari koperasi internasional 2012 yang dipusatkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat.Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, menjelaskan

JAKARTA: Sejumlah 20 negara dari kawasan Asia Pasifik dipastikan hadir pada hari International Year of Cooperative atau hari koperasi internasional 2012 yang dipusatkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat.Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, menjelaskan memang tidak bisa mengharapkan kehadiran seluruh perwakilan negara-negara dari Asia Pasifik. Namun, peringatan itu merupakan momentum penting bagi Indonesia.”Tema yang ditetapkan International Cooperative of Alliance (ICA) sejalan dengan agenda yang kita usung. Jadi, sangat tepat jika pada tahun ini Indonesia menyelenggarakan hari koperasi internasional,” katanya kepada wartawan Rabu, 16 Mei 2012.Tema yang diusung ICA pada IYC adalah Cooperative Enterprises Build a Better World. Sedangkan tema yang diambil Kementerian Koperasi dan UKM menumbuhkembangkan koperasi untuk membangun Indonesia.Peringatan hari internasional tersebut dilaksanakan pada 22-25 Mei 2012, bersamaan beberapa kegiatan lainnya yang melibatkan unsur gerakan koperasi internasional. Di antaranya,  festival atau pameran IYC 2012.Menurut Sjarifuddin Hasan, Indonesia sebagai salah satu negara terbesar operasi dunia, berkewajiban mendukung perayaan IYC 2012.Apalagi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2009 mengeluarkan resolusi tentang penetapan tahun 2012 sebagai hari internasional koperasi.Selanjutnya pada siang tahunan PBB pada 2011 mengeluarkan resolusi dan mengundang seluruh negara berpartisipasi pada IYC 2012. Dan Indonesia disetujui dan ditunjuk menjadi penyelenggara.Sjarifuddin Hasan, mengharapkan kegiatan internasional ini semoga makin mendorong gerakan revitalisasi koperasi nasional yang telah dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyoo pada 2011.“Kita memilih Mataram menjadi tuan rumah atau penyelenggara kegiatan internasional itu, sekaligus mempromosikan jika di Indonesia wilayahnya sangat luas. Termasuk daerah tujuan wisatanya. Ini harus kita promosikan.”Mengantisipasi kemungkinan ketidakhadiran dari seluruh negara yang diundang, sangat memungkinkan terjadi. Akan tetapi, Menteri Koperasi dan UKM memperkirakan jika yang hadir 35% dari 20 negara hadir sudah maksimal.Sebab, momentumnya sudah tepat untuk mempromosikan Indonesia sebagai salah satu negara terbesar memiliki koperasi, yakni 188.181 unit dengan jumlah 38 juta anggota. (Bsi)

 

JANGAN LEWATKAN:

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 8 ENTREPRENEUR YANG MENGINSPIRASI

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper