Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PADI ORGANIK: Petani Kota Batu mulai panen

BATU: Pemkot Batu melakukan panen padi organik yang merupakan hasil percobaan melibatkan petani dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu.Jenis padi yang ditanam pada percobaan tersebut itu adalah Ciherang atau IR64

BATU: Pemkot Batu melakukan panen padi organik yang merupakan hasil percobaan melibatkan petani dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu.Jenis padi yang ditanam pada percobaan tersebut itu adalah Ciherang atau IR64 dan ditanam di atas lahan seluas 10 hektare. Lahan tersebut dikelola 25 petani setempat.Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengatakan dengan pertanian organik diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Kota Batu. Serta menumbuhkan kesadaran petani akan pertanian organik."Kalau pertanian organik ini bisa berjalan dengan baik dan simultan, harapannya juga bisa mensejahterakan petani," katanya, Selasa, 15 Mei 2012.Kepala Dinas Pertanian Kota Batu Sugeng Pramono mengatakan setelah melakukan ujicoba padi organik akhirnya petani di Batu berhasil memetik buah dari percobaan tersebut."Kerja keras petani yang tergabung dalam Gapoktan Sekar Putih Pendem Kecamatan Junrejo melakukan percobaan dengan menanam padi menggunakan metode pertanian secara organik akhirnya tidak sia-sia. Karena saat ini mereka berhasil melakukan panen."Bahkan, ujar dia, hasil produksi dari pertanian organik tersebut juga cukup menggembiarakan. Dan secara ekonomi terbilang lebih murah.Apalagi untuk mengawali pola bertani secara organik tersebut tidaklah mudah. Karena sejak awal para petani di Kota Batu belum terbiasa dengan pola  pertanian organik."Dan untuk merubah pola atau kebiasaan itu tidaklah mudah. Butuh usaha keras. Tentunya kami bersyukur bila pola organik yang dijalankan ini bisa berjalan sesuai harapan." (ra)

 

 

BACA JUGA:

>> MARKET CLOSING—IHSG Turun Tipis 7,42 Poin

>>Jakarta Composite Index Slips 1.02% To 4,013.27

>>REKAP MARKET: Inilah Risalah Berita Market

>> Duh! Konser Lady Gaga dilarang polisi

10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : mohammad sofi`i

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper