Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TPK KOJA: Renovasi akan tingkatkan kapasitas jadi 1 juta TEUs

JAKARTA: Perbaikan fasilitas dan penambahan area di Terminal Peti Kemas (TPK) Koja ditargetkan akan mampu meningkatkan kapasitas layanan TPK Koja menjadi 1 juta TEUs dari kemampuan layanan saat ini 840.000 TEUs.
Hery Trianto
Hery Trianto - Bisnis.com 15 Mei 2012  |  22:16 WIB

JAKARTA: Perbaikan fasilitas dan penambahan area di Terminal Peti Kemas (TPK) Koja ditargetkan akan mampu meningkatkan kapasitas layanan TPK Koja menjadi 1 juta TEUs dari kemampuan layanan saat ini 840.000 TEUs.

 
R.J Lino, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC—sebagai induk usaha dari TPK, mengatakan komitmen dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kinerja diwujudkan dengan melakukan investasi penambahan fasilitas infrastruktur dan suprastruktur.
 
Penambahan fasilitas, katanya, merupakan hal yang sangat ditekankan oleh para induk perusahaan baik IPC maupun PT Hutchison Ports Indonesia.
 
“Ini membuktikan bahwa Pelabuhan Tanjung Priok dengan layanan berstandar internasional, telah benar-benar siap menjadi hub-port regional guna mengantisipasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, kawasan Asia, dan dunia,” katanya dalam siaran pers  hari ini, Selasa 15 Mei 2012.
 
R.J Lino mengatakan pada awal tahun depan, TPK Koja akan memperluas container yard, menambah jalur gate, serta menambah fasilitas bangunan dan pendukung operasional.
 
Selain itu untuk paralatan pendukung, TPK Koja akan melakukan penambahan 1 unit QCC, 3 unit RTG, 8 unit head truck, serta fasilitas suprastruktur lain. “Perbaikan fasilitas dan penambahan area ini akan mampu meningkatkan kapasitas layanan TPK Koja menjadi 1.000.000 TEUs,” katanya.
 
General Manager TPK Koja Arif Isnawan mengatakan pihaknya pada awal hanya memiliki kapasitas terpasang sebesar 680.000 TEUs (twenty-foot equivalent units –ukuran standar sebuah kontainer).
 
Namun dengan melakukan berbagai upaya optimalisasi atas fasilitas infra dan suprastruktur yang ada, kini TPK Koja mampu meningkatkan kapasitasnya menjadi 840.000 TEUs. Hal ini telah dibuktikan dengan pencapaian throughput (arus peti kemas) lebih dari 823.000 TEUs pada tahun lalu.
 
Hingga April 2012, perolehan throughput TPK Koja mencapai 271.781 TEUs, artinya mengalami kenaikan 10,55% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 245.844 TEUs.
 
Dari sisi kinerja GCR (gross crane rate) juga mengalami kenaikan sebesar 17,49% dari 22,3 box/jam pada tahun lalu menjadi 26,2 box/jam pada tahun ini.
 
“Pencapaian ini merupakan bentuk kepercayaan yang sangat tinggi dari seluruh pelanggan setia kami kepada TPK Koja, dan juga merupakan bentuk dedikasi dan profesionalisme dari semua karyawan TPK Koja,” ujarnya. (sut)
 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top