Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERIKANAN BUDIDAYA: Ribuan keramba di Waduk Cirata terancam bangkrut

BANDUNG BARAT: Sedikitnya 4.000 petani budi daya ikan di Waduk Cirata Kabupaten Bandung Barat terancam gulung tikar akibat tingginya harga pakan dan banyaknya keramba.Ketua Asosiasi pembudidaya ikan dan nelayan waduk Cirata (Asapindac) Sunday mengatakan

BANDUNG BARAT: Sedikitnya 4.000 petani budi daya ikan di Waduk Cirata Kabupaten Bandung Barat terancam gulung tikar akibat tingginya harga pakan dan banyaknya keramba.Ketua Asosiasi pembudidaya ikan dan nelayan waduk Cirata (Asapindac) Sunday mengatakan ribuan petani ikan di Waduk Cirata selama ini tidak pernah mendapatkan keuntungan dari hasil budidaya ikan yang mereka lakukan. "Karena harga produksi jauh lebih besar dari harga jual ikan. Rata-rata hasil dari harga jual ikan mas setiap petaknya mencapai Rp13 juta sedangkan biaya lebih produksi lebih dari itu," katanya, Senin 14 Mei 2012.Penyebab meruginya petani ikan adalah harga pakan ikan yang terus naik hingga Rp5.900 per kg sedangkan harga jual ikan Rp13.500 per kg.Adapun untuk satu petak kolam ikan rata-rata petani membutuhkan 1-5 ton pakan untuk setiap musimnya. "Apabila kondisi ini terus dibiarkan, kemungkinan gulung tikar bukan hal yang mustahil," kata Sundaya.Karena itu pihaknya berharap pemerintah bisa memberikan subsidi untuk pakan ikan sehingga harga jual pakan per kilonya tidak lebih dari Rp5.300. (ra)

 

 

 

+ BACA JUGA :

>>> Top 5 Editors Choice Bisnis Indonesia

>>> Steve Wozniak Kepincut Saham Facebook

>>> Menhub Minta Asuransi Korban Sukhoi Rp1,25 Miliar per Orang

>>> City juara Liga Inggris

>>> 5 Rubrik TERPOPULER

>>> 10 ARTIKEL Paling Banyak DIBACA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Wisnu Wage Pamungkas

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper