Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

SURABAYA: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan tiga fasilitas kesehatan baru RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH).

 

Ketiga fasilitas itu Poli VCT (Voluntary Counselling and Testing)/PITC (Provider Initiated Testing and Counselling), Poli Paliatif, dan Poli K3 (keselamatan dan kesehatan kerja). 

Dirut RSUD BDH Maya Syahria Saleh menjelaskan Poli VCT/PITC merupakan Poli yang menyediakan pelayanan konsultasi serta informasi tentang HIV/AIDS.  “Masyarakat akan diberi penjelasan terkait virus mematikan tersebut. Selain itu, bisa juga melakukan tes sebagai langkah antisipasi terhadap penyebarannya. Bagi penderita HIV/AIDS, Poli VCT/PITC menyediakan dukungan berupa pendampingan psikologis agar sebisa mungkin tidak menyebar ke orang-orang di sekitarnya,” ujarnya, Senin 14 Mei 2012.

Menurutnya, keberadaan ketiga poli RSUD BDH ini tidak terlalu jauh dengan salah satu lokalisasi yang tergolong berisiko tinggi terjangkit HIV/AIDS. “Kami siap mengantisipasi penyebaran virus itu dan memberi edukasi kepada masyarakat,'' terangnya.

Untuk Poli Paliatif, Maya menjelaskan, poli tersebut memberikan perhatian sepenuhnya terhadap pasien yang tidak dapat disembuhkan atau kemungkinan hidup kecil, serta kepada penderita kanker khususnya stadium lanjut yang harus menanggung rasa nyeri selama sisa hidupnya. 

Bahkan pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan sekaligus untuk mendukung pencanangan Kota Surabaya sebagai sebagai Kota Paliatif atau kota bebas nyeri pada 15 Mei mendatang. 

Sementara itu, untuk Poli K3, lanjut dirut yang mulai menjabat sejak Maret 2012 karena pihaknya memahami risiko yang dihadapi para pekerja.  Maya mencontohkan saat ini di rumah sakit tersebut sudah ada sekitar 600 pekerja yang setiap hari berpeluang terdampak penyakit selamabekerja.

 

Di tempat lain, seperti pabrik, mungkin risiko yang dihadapi lebih tinggi. ''Dengan Poli K3 ini, kami ingin memberikan perhatian khusus terhadap para pekerja. Kami akan coba menggandeng Jamsostek agar pelayanan K3 ini bisa lebih maksimal,''pangkasnya. (msb)

 

BACA JUGA:

>>Jakarta Stocks Decline 1.48% In Today's Closing Session

>> MARKET CLOSING—IHSG Anjlok 61,07 Poin

>> TRAGEDI SUKHOI: Penyebar  Foto Palsu Terancam  Denda Rp12 Miliar!

>> Sinyal negatif di bursa Asia menguat 

>> 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 

>>> Top 5 Editors Choice Bisnis Indonesia

>>> Steve Wozniak Kepincut Saham Facebook

>>> Menhub Minta Asuransi Korban Sukhoi Rp1,25 Miliar per Orang

>>> City juara Liga Inggris

>>> 5 Rubrik TERPOPULER

>>> 10 ARTIKEL Paling Banyak DIBACA

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Dwi Wahyuni

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper