Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CSR SAMPOERNA: Tanam sayuran organik di Gunung ARJUNO

SURABAYA: PT HM Sampoerna Tbk bekerja sama dengan Yayasan Kaliandra Sejati mengembangkan tanaman sayuran organik di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, Kab. Pasuruan, Jawa Timur, yang melibatkan 30 petani kawasan setempat.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Mei 2012  |  17:42 WIB

SURABAYA: PT HM Sampoerna Tbk bekerja sama dengan Yayasan Kaliandra Sejati mengembangkan tanaman sayuran organik di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, Kab. Pasuruan, Jawa Timur, yang melibatkan 30 petani kawasan setempat.

 

Program tersebut merupakan upaya menjaga kelestarian hutan di lereng gunung, melalui optimalisasi lahan serta potensi kotoran ternak untuk biogas. Sementara tanaman sayuran organik yang dibudidayakan para petani dari Desa Jatiarjo dan Desa Dayurejo yang berlokasi di kawasan konservasi hutan Gunung Arjuno pekan ini mulai dipanen.

 

“Program pelestarian lingkungan berbasis kewirausahaan dengan memanfaatkan lahan milik masyarakat Desa Jatiarjo dan Desa Dayurejo perlu didukung, karena berdampak positif terhadap pelestarian hutan lereng Gunung Arjuno sekaligus memberikan pendapatan bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Taruli Aritonang, Manager Contribution & Corporate Social Responsibility PT HM Sampoerna Tbk, hari ini (Sabtu 12 Mei 2012).

 

Dia menyebutkan program pelestarian lingkungan berbasis kewirausahaan yang melibatkan masyarakat di kedua desa itu telah dilakukan sejak 2010. Kawasan tersebut berdekatan dengan pabrik sigaret kretek mesin (SKM) milik HM Sampoerna yang berlokasi di Sukorejo, Kab. Pasuruan.

 

Selain penanaman sayuran organik, para petani di kawasan tersebut juga diberikan pelatihan membuat biogas berbahan baku kotoran ternak. Biogas dapat dimanfaatkan untuk produksi pupuk organik maupun bahan bakar kompor serta lampu, sehingga mengurangi penebangan kayu di hutan Gunung Arjuno untuk kayu bakar.

 

Semula program tersebut diikuti 11 petani, kemudian berkembang menjadi 28 petani pada 2011. Jumlah petani yang terlibat dalam pembudidayaan sayuran organik tahun ini meningkat menjadi 30 petani.

 

Manager Konservasi Yayasan Kaliandra Sejati Sarifudin Lathif menyambut baik peran swasta seperti HM Sampoerna dalam menjaga lingkungan serta pelestarian hutan Gunung Arjuno.

 

“Program pelestarian lingkungan berbasis kewirausahaan membutuhkan sinergi berbagai pihak,” paparnya. (ea)  

+ JANGAN LEWATKAN:

>10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI

5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

10 Artikel MOST READ Bisnis.Com


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Adam A Chevny

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top