SINGAPORE AIRLINES: Catat kenaikan penumpang 10%

JAKARTA: Singapore Airlines mencatat kenaikan jumlah penumpang 10,4% menjadi 1,5 juta pada Maret 2012 dibandingkan Maret tahun lalu.
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 20 April 2012  |  19:48 WIB

JAKARTA: Singapore Airlines mencatat kenaikan jumlah penumpang 10,4% menjadi 1,5 juta pada Maret 2012 dibandingkan Maret tahun lalu.

Oleh karena itu, tingkat isian penumpang atau passengers load factor meningkat 6,3 poin menjadi 79,5%.

Public Relations Manager Singapore Airlines Indonesia Glory Henriette mengatakan tingkat isian penumpang meningkat di seluruh rute di semua wilayah.

"Pada Maret 2012, Singapore Airlines mencatatkan pertumbuhan year on year 11,8% pada seluruh sistem angkutan penumpang yang diukur berdasarkan kilometer pendapatan penumpang, sedangkan kapasitas, diukur berdasarkan kilometer kursi yang tersedia, tumbuh  2,9%," ujarnya Jumat, 20 April 2012.

Wilayah Barat Daya Pasifik dan Eropa, lanjut Glory, memimpin peningkatan seiring dengan peningkatan perjalanan liburan Paskah.

 

Rute-rute penerbangan ke Jepang juga mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu setelah sebelumnya terkena dampak gempa bumi pada Maret 2011.

Glory menambahkan yang menjadi tantangan saat ini yakni  adanya kenaikan harga bahan bakar pesawat.  "Dengan adanya aktivitas-aktivitas promosi harga tiket, tingkat pendapatan penumpang dapat mengalami tekanan."

Untuk maskapai Silk Air, anak usahanya, Glory menjelaskan pertumbuhan kapasitas angkut penumpang meningkat 20% dibandingkan periode yang sama tahun lalu  yakni 19,1%.

 

Oleh sebab itu, load factor meningkat 0,5 poin menjadi 75,5%. Rute Asia Barat mencatat kenaikan 6,7 poin seiring kondisi pasar yang seimbang."Meski demikian persentase load factor di Asia Timur dan Pasifik menurun 1,9 poin seiring dengan lambannya pertumbuhan lalu lintas. Namun, kapasitas terus meningkat,"  tuturnya. (ra)

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

+ Berita BISNIS INDONESIA hari ini: S&P ogah buat INVESTMENT GRADE?

+ INDONESIAN IDOL 2012: BELINDA pulang!

+ PESAWAT JATUH, 127 penumpang TEWAS

+ ACEH kembali diguncang GEMPA 5,9 SR

+ INDONESIAN BONDS sets for Weekly GAIN

+ MANCHESTER UNITED Value rises to $2.2 Billion

+ DAHLAN ISKAN mengintili TIGA PEREMPUAN

+ WISHNUTAMA mau buka RESTO dan bikin EO?

+ DIVE SITES: Indonesian big problem, FISHERMAN BLAST

+ Kontrak tol Batang-Semarang batal diputus

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top