HUBUNGAN EKONOMI: Kesepakatan Investasi RI-Kazakhstan US$1 miliar

 
| 13 April 2012 20:24 WIB

 

 

JAKARTA: Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan nilai kesepakatan investasi Indonesia dengan Kazakhstan mencapai lebih dari US$1 miliar yang tersebar dalam beberapa paket proyek.

 

"Yang jelas untuk ban saja yang sudah ditandatangani itu lebih dari USD300 juta. Belum lagi [impor] gandum, dan yang lain. Menurut saya ini lebih dari US$1 miliar," ujarnya menjelaskan nilai kontrak kerja sama ekonomi yang ditandatangani dalam pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Nursultan Nazarbayev di Istana Merdeka, Jumat sore, 13 April 2012.

 

Dia menjelaskan nilai perdagangan merupakan kegiatan ekspor dan impor, dimana Indonesia sendiri akan mengekspor minyak kelapa sawit mentah (CPO) ke Kazakhstan.

 

Di sisi lain, lanjutnya, Indonesia mengimpor kapas dan gandum dari negara itu untuk kebutuhan bahan baku pabrik tekstil dan pabrik mei instan.

 

Indonesia dan Kazakhstan menyepakati mewujudkan kerjasama riil di bidang industri gandum, kapas, ban dan pengembangan produksi minyak bumi.

 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan hal itu telah disepakati dalam pertemuannya dengan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev di Istana Merdeka, Jumat sore, 13 April 2012.

 

"Seperti yang kita ketahui Kazakhstan terus tumbuh menjadi pemain di tingkat kawasan. Kerjasama dengan Indonesia, saya yakini kedua negara akan mendapatkan manfaat nyata. Selama ini, hubungan bilateral kedua negara selama 20 tahun terus berkembang," kata Presiden Yudhoyono.(msb)

 

 

Sumber : Irsad sati

Tag :
Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top