Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PMI rancang konsep perlindungan TKI

 
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 30 November 2011  |  10:01 WIB

 

JAKARTA: Palang Merah Indonesia tengah menyiapkan konsep untuk membantu perlindungan  tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri. 
 
Saat ini lebih dari 3 juta TKI dengan dominasi sebaran di Malaysia dan kawasan Timur Tengah dan menghadapi kesulitan beradaptasi dengan kehidupan budaya lokal di negara tersebut. Hal ini mendorong munculnya berbagai permasalahan serius.
 
Dalam 3 tahun terakhir tiga orang TKI terancam hukuman mati dan 215 orang lainnya tersandung kasus lain dan sedang menunggu keputusan eksekusi . 
 
Budi Atmadi Adiputro, Sekretaris Jenderal PMI Pusat, memaparkan hal tersebut dalam sidang Konferensi Internasional ke-31 Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang berlangsung mulai Senin kemarin di Jenewa, Swiss.
 
Konferensi tersebut berlangsung 23 November-1 Desember dan diikuti oleh 1.714 peserta yang merupakan delegasi 187 negara yang telah meratifikasi Konvensi Jenewa.
 
Dalam siarapan pers PMI, Budi mengatakan  langkah penanganan bantuan perlindungan kepada TKI dilakukan pada tahap persiapan, saat, dan pasca keberadaan TKI di negara penerima.
 
Penyiapan kapasitas melalui pelatihan keterampilan dan bahasa, serta budaya dapat diberikan kepada TKI menjelang pemberangkatan. 
 
Di negara tempat bekerja, katanya, PMI dapat memfasilitasi pelayanan informasi, menyatukan anggota keluarga yang terpisah (restoring family link), dan memberikan dukungan psikologis. Ketika TKI kembali ke Indonesia, PMI akan turut membantu memfasilitasi sehingga merela tiba dengan selamat di daerah asalnya.
 
PMI berharap gagasan ini dapat mendapat tanggapan positif dari pemerintah, sesuai dengan peran PMI yaitu mendukung pemerintah dalam program kemanusiaan,  bahkan Palang Merah Internasional sudah mengisyaratkan dukungan kepada PMI untuk  mengimplementasikan konsep ini. (arh) 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top