Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan ambruk dongkrak biaya transportasi

MALANG: Ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara di Kaltim akan mendongkrak biaya transportasi di wilayah itu karena angkutan batu bara harus melalui jalur alternatif.Staf Khusus Menko Perekonomian Amir Sambodo mengatakan secara otomatis biaya transportasi

MALANG: Ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara di Kaltim akan mendongkrak biaya transportasi di wilayah itu karena angkutan batu bara harus melalui jalur alternatif.Staf Khusus Menko Perekonomian Amir Sambodo mengatakan secara otomatis biaya transportasi akan meningkat karena angkutan batu bara tidak bisa melintas di jembatan itu dan harus menggunakan angkutan sungai."Cost memang akan meningkat. Secara umum musibah tersebut belum mengganggu perekonomian nasional secara signifikan. Namun secara lokal akan terganggu," kata Amir seusai Seminar/Dialog Menuju Indonesia Masa Depan di Universitas Brawijaya Malang hari ini.Selain angkutan batu bara, transportasi lain khususnya kendaraan roda empat maupun dua, juga akan mengalami kendala. Mereka harus menempuh jalur alternatif.Menurutnya, saat ini yang harus segera dilakukan mengevaluasi teknis secara menyeluruh terkait musibah tersebut. Setiap produk teknologi mempunyai kendala teknis masing-masing."Apakah akibat kontribusi manusia seperti jembatan yang sering disenggol kapal ponton [tongkang]atau karena faktor alam dan lainnya."Karena, secara konservatif, umur jembatan rata-rata sampai 20 tahun. Sehingga kalau kemudian hanya dalam kurun 10 tahun jembatan sudah ambruk, maka harus dicari penyebabnya secara teknis. (k25/tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Mohammad Sofi`i

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper