Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hatta: Dampak krisis Eropa tak boleh dipandang ringan

 

 

JAKARTA: Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan dampak krisis ekonomi di Eropa yang makin berlarut-larut tidak boleh dianggap ringan, sehingga pemerintah menyiapkan langkah antisipasi yang paling optimal untuk melindungi ekonomi nasional.
 
"Saya melihat tidak boleh under estimate dengan situasi di Eropa dan Amerika. Harus diantisipasi dan memperkuat pasar domestik," ujarnya di Istana Presiden hari ini.
 
Dia menambahkan pemerintah melakukan langkah serius untuk mencegah membesarnya dampaknya dengan memperhatikan sektor finansial yang akan berdampak buruk kalau tidak bisa distabilkan.
 
Hal itu, tuturnya, menjadi perhatian bagi pemerintah dan tidak boleh lengah sekalipun dunia memberikan pengakuan bahwa ekonomi Indonesia tergolong sehat.
 
Hatta menegaskan dalam hal ini pemerintah akan melakukan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan untuk menjaga kondisi perekonomian agar tetap berjalan dengan baik.
 
Menurut dia, beberapa aspek menjadi perhatian bagi pemerintah, di antaranya koordinasi antara BI dan Kemenkeu, memperkuat dukungan regulasi hingga landasan hukumnya.
 
Menanggapi masalah penyerapan anggaran APBN, Hatta mengatakan ada upaya mempercepat penyerapan tersebut dalam beberapa waktu belakangan, terutama belanja modal.
 
Dengan kecenderungan seperti itu, dia optimistis target pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa dicapai melalui dampak penyerapan anggaran negara. (sut)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper