Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hatta: Dampak krisis Eropa tak boleh dipandang ringan

 
- Bisnis.com 25 November 2011  |  19:13 WIB

 

JAKARTA: Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan dampak krisis ekonomi di Eropa yang makin berlarut-larut tidak boleh dianggap ringan, sehingga pemerintah menyiapkan langkah antisipasi yang paling optimal untuk melindungi ekonomi nasional.
 
"Saya melihat tidak boleh under estimate dengan situasi di Eropa dan Amerika. Harus diantisipasi dan memperkuat pasar domestik," ujarnya di Istana Presiden hari ini.
 
Dia menambahkan pemerintah melakukan langkah serius untuk mencegah membesarnya dampaknya dengan memperhatikan sektor finansial yang akan berdampak buruk kalau tidak bisa distabilkan.
 
Hal itu, tuturnya, menjadi perhatian bagi pemerintah dan tidak boleh lengah sekalipun dunia memberikan pengakuan bahwa ekonomi Indonesia tergolong sehat.
 
Hatta menegaskan dalam hal ini pemerintah akan melakukan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan untuk menjaga kondisi perekonomian agar tetap berjalan dengan baik.
 
Menurut dia, beberapa aspek menjadi perhatian bagi pemerintah, di antaranya koordinasi antara BI dan Kemenkeu, memperkuat dukungan regulasi hingga landasan hukumnya.
 
Menanggapi masalah penyerapan anggaran APBN, Hatta mengatakan ada upaya mempercepat penyerapan tersebut dalam beberapa waktu belakangan, terutama belanja modal.
 
Dengan kecenderungan seperti itu, dia optimistis target pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa dicapai melalui dampak penyerapan anggaran negara. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top