Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Regulasi pelarangan ekspor rotan tunggu rekomendasi

 
Hilman Hidayat
Hilman Hidayat - Bisnis.com 09 November 2011  |  17:42 WIB

 

JAKARTA: Pemerintah belum menentukan cakupan jenis rotan yang dilarang ekspornya dan periode waktu pelarangan ekspor komoditas tersebut.   
 
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menegaskan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terkait larangan ekspor rotan akan mengacu kepada rekomendasi yang disampaikan oleh instansi terkait.
 
"Tentunya apapun [jenis rotan] yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing [dilarang]. [Soal waktu] surat rekomendasi belum sampai ke kami. Begitu sampai, kita akan mengacu ke isi surat itu," ujarnya hari ini. 
 
Gita mengungkapkan pihaknya tengah menunggu surat rekomendasi dari Kementerian Kehutanan, Kementerian Perindustrian dan gubernur daerah penghasil rotan. Satu hari sebelumnya, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengaku sudah meneken surat rekomendasi tersebut. 
 
Rekomendasi dari berbagai instansi tersebut berisikan dukungan terhadap sikap Kementerian Perdagangan yang menyetop pengiriman rotan ke luar negeri untuk sementara selama dilakukan pembinaan dan langkah-langkah peningkatan daya saing. 
 
Jika semua rekomendasi telah masuk, lanjut Gita, Kementerian Perdagangan selanjutnya akan melakukan finalisasi. "Begitu selesai, kami akan keluarkan permendagnya." 
 
Dia menegaskan kebijakan pelarangan ekspor rotan yang diambil pemerintah pada dasarnya mempertimbangkan hulu dan hilir dari industri tersebut. Pantauan di Cirebon belum lama ini, menurut Gita, menunjukkan adanya kemunduran industri hilir karena kelangkaan bahan baku rotan. 
 
Hal tersebut juga berdampak pada daya saing industri rotan terhadap produsen di luar negeri. Kebijakan pelarangan ekspor rotan, tegas Gita, dapat meningkatkan daya saing industri rotan dalam negeri. 
 
"Saya ingin bukan hanya peningkatan daya saing di Cirebon  tapi mudah-mudahan di Mamuju, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera. Ini semangat yang diyakini Kementerian Perindustrian dan semangat yang diusung Kementerian Kehutanan adalah apapun yang dipotong, harus sepadan dengan prinsip kelestarian." 
 
Menurut Gita, rekomendasi yang disampaikan oleh Kementerian Perindustrian juga akan digunakan sebagai dasar untuk melihat cakupan jenis rotan yang akan diatur. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top