Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Bank nasional jadi agen penjual ORI 008 terbaik

JAKARTA: Tiga bank yakni PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Bank Mandiri Tbk terpilih sebagai agen penjual terbaik Obligasi Negara Ritel Seri 008 bersadarkan kriteria dari Kementerian Keuangan.Dari kriteria yang ditentukan

JAKARTA: Tiga bank yakni PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Bank Mandiri Tbk terpilih sebagai agen penjual terbaik Obligasi Negara Ritel Seri 008 bersadarkan kriteria dari Kementerian Keuangan.Dari kriteria yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang atas nama Menteri Keuangan, ternyata tidak ada satu pun perusahaan sekuritas terpilih dari delapan sekuritas yang menjadi agen penjual.Ketiga bank tersebut, BCA, BNI, dan Mandiri menjadi tiga yang terbaik dari total 17 bank yang menjadi agen penjual ORI008. Total jumlah agen penjual obligasi ritel ini sebanyak 25 agen di mana 17 bank dan delapan sekuritas.Direktur Direktorat Surat Berharga Negara (SBN) Bimantara Widyajala mengatakan kriteria yang dimaksud salah satunya adalah mampu melebihi target pemasaran yang cukup luas dan memiliki kadar keritelan yanglebih besar.“Dari sisi kriterian tidak ada perusahaan efek yang memenuhi criteria terbaik kami, semuanya standar. Mungkin karena bank kan punya cabang yang menjangkau daerah sehingga bank lebih luas cakupan keritelannya,” katanya kepada pers di Jakarta, siang ini.Hasil penjualan ORI008 dari 25 agen mencapai Rp11 triliun di mana sebelumnya sempat terjadi permintaan upsize dari 23 agen penjual pada 19 Oktober 2011 mencapai Rp10,35 triliun sehingga total rencana targetpenjualan ORI tersebut dari Rp10 triliun menjadi Rp20,35 triliun. Akan tetapi pemerintah hanya menetapkan Rp11 trililun dari ORI008.Adapun 25 agen penjual adalah:1. Bank UOB Indonesia2. Citibank, N.A3. PT ANZ Bank Panin4. PT Bank Bukopin Tbk5. PT Bank Central Asia Tbk6. PT Bank CIMB Niaga Tbk7. PT Bank Danamon Indonesia Tbk8. PT Bank Internasional Indonesia Tbk9. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk10. PT Bank Mega Tbk11. PT Bank Negara Indonesia Tbk12. PT Bank OCBC NISP Tbk13. PT Bank Panin Tbk14. PT Bank Permata Tbk15. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk16. PT Ciptadana Securities17. PT Danareksa Sekuritas18. PT Kresna Graha Securindo19. PT Lautandhana Securindo20. PT Mega Capital Indonesia21. PT Reliance Securities Tbk22. PT Sucorinvest Central Gani23. PT Trimegah Securities Tbk24. Standard Chartered Bank25. The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Ltd(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper