Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR setujui tambahan anggaran Kementerian PU Rp1,39 triliun

 

 

JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum mendapatkan persetujuan tambahan dana dari DPR sebesar Rp1,39 triliun untuk anggaran pada 2012 dari alokasi yang diajukan sebesar Rp5,3 triliun.
 
Dengan demikian Pagu anggaran di Kementerian PU pada 2012 menjadi Rp62,57 triliun yang berasal dari alokasi anggaran Rp61,18 triliun ditambah dana tambahan sebesar Rp1,39 triliun.
 
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan tambahan tersebut akan dianggarkan untuk program di  Ditjen Sumber Daya Air hampir 50% sementara sisanya untuk Ditjen Bina Marga, Ditjen Tata Ruang, dan Cipta Karya.
 
"Anggaran untuk jalan sudah besar, jadi kita akan fokuskan untuk SDA sekitar 50%, seperti ketahanan pangan dan kawasan pantai," katanya usai rapat kerja dengan DPR RI hari ini.
 
Sementara itu, Dirjen SDA Kementerian PU Mochmammad Amron menambahkan pihaknya akan mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp600 miliar. Dana tersebut menurutnya akan difokuskan untuk merahibilitasi garis pantai yang mulai terkikis seperti di Bali, Sumatera, dan Pulai Jawa.
 
"Kita harapkan bisa memperbaiki 20 kilometer lebih garis pantai yang kita perbaiki," kata Amron.
 
Terkait penyerapan anggaran di Kementerian PU, hingga saat ini telah mencapai 52% sementara progres fisik mencapai 59% ditargetkan akhir tahun ini penyerapan sudah mencapai lebih dari 95%.
 
"Banyak proyek di PU saat ini masih hampir tuntas, sehingga dalam dua bulan kedepan masih cukup waktu dalam rangka penyerapan anggaran," ujar Djoko. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper