Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA:Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum membutuhkan alokasi anggaran sebesar Rp5 triliun untuk preservasi atau pemeliharaan jalan dan jembatan pada 2012.
 
Kebutuhan tersebut diantaranya dipergunakan untuk preservasi rutin jalan sepanjang 34.312 km dan jembatan 195.956 meter sebesar Rp1,9 triliun.
 
Selain itu, juga untuk melakukan pemeliharaan berkala jalan sepanjang 2.007 km dan jembatan 21.120 meter dengan alokasi anggaran senilai Rp3,1 triliun.
 
Dirjen Bina Marga Djoko Murjanto mengatakan preservasi tersebut dibutuhkan untuk mencapai target kemantapan jalan pada 2012 sebesar 90,05%. Dimana pada tahun ini kemantapan telah terealisasi hampir 88,5%.
 
Penanganan jalan pada 2012 menurutnya lebih diprioritaskan untuk lintas di Timur Sumatera, Lintas Utara Jawa, Lintas Selatan Kalimantan, dan Lintas Barat Sulawesi.
 
Menurut dia pemilihan jenis konstruksi pada lintas-lintas utama harus benar-benar yang memiliki ketahanan pada beban-beban berat.
 
"Mempunyai umur yang awet, kemudahan dalam pelaksanaan dan waktu penyelesaian cepat serta ketersediaan sumber daya."
 
Selain lintas utama, bina marga juga akan melakukan penanganan lintas lainnya di lintas tengah dan barat Sumatera, lintas tengah dan selatan Jawa, lintas Tengah Kalimantan, lintas Tengah dan Timur Sulawesi, lintas Bali, NTB dan NTT, serta lintas Maluku dan Maluku Utara. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper