Kereeennn, Banjir Kanal Timur jadi contoh infrastruktur hijau

JAKARTA: Pemerintah akan menjadikan Banjir Kanal Timur sebagai kawasan percontohan yang menerapkan konsep green infrastructure.
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 30 September 2011  |  18:29 WIB

JAKARTA: Pemerintah akan menjadikan Banjir Kanal Timur sebagai kawasan percontohan yang menerapkan konsep green infrastructure.

 
Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan sebagai green infrastructure, pemerintah akan membangun semacam  boulevard di sisi kiri dan kanan Banjir Kanal Timur yang akan ditenami berbagai pepohonoan. Selain itu juga akan terdapat jalur hijau sepanjang 23,5 km yang dapat digunakan untuk jalan santai dan bersepeda.Kualitas airnya pun akan menggunakan 
 
Menurutnya, pihak Kementerian PU akan melombakan disain untuk pembangunan jalur tersebut. “RTRW-nya sudah keluar. Ini akan menjadi proyek percontohan untuk green infrastructure, dan design pembangunanya akan dilombakan,” ujar Hermanto ditemui di ruang kerjanya di Jakarta hari ini.
 
Sementara itu, terkait proses pelaksanaan konstruksi Banjir Kanal Timur, menurutnya, pemerintah akan terus memacunya dan menargetkan pada akhir tahun konstruksi fisik dapat diselesaikan. Pasalnya,  kendala yang terjadi di lapangan saat ini sudah tidak lagi signifikan.
 
“Ini konstruksi jalan terus, konstruksi fisik akhir tahun bisa selesai,” ucapnya.
 
Dengan demikian, penanganan banjir di wilayah DKI Jakarta khususnya 13 keluarahan di Jakarta Timur dan Jakarta Utara seluas 160 km2 akibat luapan sungai-sungai tersebut, dapat segera teratasi secara lebih komprehensif.
 
Total biaya pelaksanaan Banjir Kanal Timur yang disediakan pemerintah Rp4,9 triliun yang berasal dari dana APBD DKI Jakarta Rp2,4 triliun untuk pembebasan lahan, dan biaya konstruksi senilai Rp2,5 triliun yang berasal dari APBN Kementerian Pekerjaan Pekerjaan Umum. (ln)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top