Ford Motor siap belanja US$2 miliar untuk Rayong

 
Rahmatullah
Rahmatullah - Bisnis.com 29 September 2011  |  18:03 WIB

 

JAKARTA: Ford Motor Company berkomitmen menyuntikkan US$2 miliar per tahun untuk membeli komponen lokal seiring operasional pabrik baru di Rayong, Thailand mulai tahun depan.
 
Jumlah tersebut juga meliputi pembelian yang dilakukan oleh pabrik AutoAlliance Thailand (AAT) yang berlokasi di Rayong, yang merupakan usaha patungan antara produsen kendaraan asal Amerika Serikat ini dengan Mazda.  
 
Manajemen Ford menyebutkan bahwa ekspansi bisnis yang dilakukan di negara itu akan menciptakan sekitar 33.000 pekerjaan, dengan 8.500 di antaranya merupakan pekerjaan langsung, sedangkan 25.000 lainnya adalah pekerjaan yang tercipta dari jaringan diler dan supplier.
 
President and CEO Ford Allan Mulally menyebutkan Thailand merupakan komponen kritis bagi strategi Ford di Asia. Negara ini diharapkan dapat membukukan 40% dari pertumbuhan industri otomotif global dalam 5-7 tahun mendatang.
 
Saat ini, Thailand merupakan negara produsen kendaraan bermotor terbesar ke-12 di dunia, dalam hal volume produksi. Pada 2014 mendatang, Thailand ditargetkan dapat menyodok ke posisi 10 besar.
 
Ford, menurut Mulally, saat ini menjadi investor terbesar kedua di sektor otomotif Thailand hingga saat ini, dengan total investasi mencapai US$2,5 miliar. Thailand akan menjadi salah satu pusat produksi global dan pusat ekspor, bersama-sama dengan Afrika Selatan dan Argentina.
 
All New Ford Ranger merupakan salah satu dari delapan model baru yang akan diperkenalkan oleh Ford di kawasan Asia Tenggara dalam 5 tahun mendatang. Pada tahun depan, Ford akan mulai memproduksi mobil kompak Ford Focus.
 
Kemarin, Mulally dan President Ford Asia Pasifik dan Afrika, Joe Hinrichs, meresmikan produksi truk pikap kompak All New Ford Ranger. All-New Ford Ranger rencananya bakal ada di seluruh diler Ford di Thailand mulai November tahun ini. (arh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top