Multistrada incar produksi 16 juta ban

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 September 2011  |  19:03 WIB

 

BANDUNG: PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) menargetkan total produksi ban sebanyak 16 juta unit dalam setahun, dan dilakukan secara bertahap.
 
Presiden Direktur MASA Pieter Tanuri mengatakan dari jumlah tersebut sekitar 11 juta unit di antaranya dialokasikan untuk ban kendaraan roda empat dan truk dan 5 juta unit ban bagi kendaraan roda dua.
 
Hingga saat ini produsen ban Corsa itu baru mampu memproduksi ban mobil dan truk sebanyak 675.000 unit, dan 400.000 unit ban motor dalam satu bulan.
 
Pada 2012 mendatang, MASA menargetkan mampu meningkatkan kapasitas produksi menjadi 800.000 unit ban mobil dan truk serta 450.000 unit ban motor. Jumlahnya akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga memenuhi target produksi 16 juta unit per tahun.
 
"Untuk mampu memenuhi target kami itu, artinya kami harus bisa menggenjot kapasitas produksi menjadi sekitar 27.000 unit ban untuk mobil dan truk per hari, serta 15.000 unti ban motor per hari," kata Pieter.
 
Kementerian Perindustrian sendiri beberapa bulan lalu sempat merilis data tingkat kebutuhan ban di Indonesia yang mencapai 78 juta unit per tahun untuk semua jenis kendaraan.
 
Dari jumlah tersebut, 50 juta di antaranya merupakan kebutuhan untuk kendaraan roda empat, truk, bus, dan kendaraan alat berat, sementara 28 juta sisanya merupakan tingkat kebutuhan sepeda motor selama setahun.
 
Pada 2010 lalu, industri ban di Indonesia hanya mampu memenuhi kurang dari setengah angka kebutuhan tersebut, atau sekitar 35,1 juta unit dengan nilai lebih dari USD 1 miliar, dengan jumlah industri secara nasional mencapai 13 perusahaan. (sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Irvan Christianto

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top