Garuda kebut kesiapan armada pesawat haji

 
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 13 September 2011  |  17:42 WIB

 

JAKARTA: PT Garuda Indonesia Tbk akan mendatangkan seluruh pesawat pada akhir bulan ini yang akan digunakan untuk mengangkut jamaah haji.  Namun maskapai ini belum memastikan dapat mengakomodasi tambahan kuota.
 
"Seluruh pesawat yang akan kami gunakan untuk mengangkut jemaah haji tahun ini semuanya sewaan, dan nanti akan tiba pada akhir bulan ini," kata Direktur Operasional Garuda Indonesia Ari Sapari kepada Bisnis hari ini.
 
Dia menambahkan Garuda akan mengoperasikan 14 pesawat sewaan untuk mengangkut jemaah haji tahun ini, terdiri dari 11 jenis Airbus 330, dan tiga unit Boeing 747-400. Menurut Ari, tender terbuka terhadap pesawat pengangkut haji telah selesai dilakukan.
 
Ari menjelaskan, pesawat-pesawat yang disewanya saat ini berusia masih relatif muda yaitu buatan 2008- 2009. Pihaknya menyewa 14 unit pesawat dari enam lessor, yakni HiFly, Thomson Airways, Air Transat, Monarch, Pullmantur, dan Thomascook. Garuda hanya akan menggunakan satu pesawat milik sendiri yaitu jenis Airbus A330-200.
 
Terkait tambahan kuota jamaah haji tahun ini yang ditetapkan Kementerian Agama sebanyak 10.000, Ari mengatakan belum pasti pihaknya dapat mengakomodasi.
 
"Tambahan kuota belum pasti dapat kami akomodasi karena ada batasan jumlah penerbangan per hari ke Jeddah, Arab Saudi, yang harus diikuti. Dengan tambahan kuota akan sulit," tutur dia. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top