Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JALUR MUDIK: PT KAI mulai tolak calon penumpang KA ekonomi

JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia mulai menolak calon penumpang kereta api kelas ekonomi dengan alasan telah melebihi dispensasi yang disayaratkan pemerintah.Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi Jakarta Mateta Rijalulhaq mengatakan langkah itu dilakukan

JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia mulai menolak calon penumpang kereta api kelas ekonomi dengan alasan telah melebihi dispensasi yang disayaratkan pemerintah.Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi Jakarta Mateta Rijalulhaq mengatakan langkah itu dilakukan semata-mata demi memenuhi persyaratan batasan maksimal dispensasi dari Kementerian Perhubungan."Kami tidak bisa melanggar aturan itu. Persyaratannya memang seperti itu," katanya saat ditemui di Stasiun Pasar Senen Jakarta hari ini.Dia mencontohkan KA Ekonomi AC Gajah Wong rute Jakarta-Yogyakarta hanya diberikan dispensasi 25% dari jumlah kursi sebanyak 80 unit per kereta. Dengan kebijakan itu, Mateta menyatakan pihaknya hanya menjual tiket berdiri sebanyak 20 unit per kereta. "Aturannya begitu kami tidak boleh melanggar."Selain itu, tiket KA Matarmaja kelas ekonomi juga hanya diberikan dispensasi tiket berdiri sebanyak 50% dari total jumlah kursi dalam satu rangkaian KA. "Kalau tiket dispensasi sudah habis ya kami menutup penjualan tiket berdiri."Dari pantauan Bisnis di Stasiun Pasar Senen, ratusan calon penumpang terlihat hanya duduk di depan loket penjualan tiket. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper