Pemerintah pacu wirausaha baru

Muhamad Yamin
Muhamad Yamin - Bisnis.com 29 Desember 2010  |  10:31 WIB

JAKARTA : Pemerintah siap menggenjot kewirausahaan pada tahun depan baik melalui peningkatan pelaku usaha yang ada maupun menciptakan wirausaha baru terutama untuk mengejar target jangka panjang terpenuhinya entrepreneur sebanyak 4% dari jumlah penduduk.

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan peningkatan kewirausahaan terus dilakukan dengan meningkatkan kegiatan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku usaha yang ada maupun usaha yang baru dirintis agar penumbuhan usaha baru bisa meningkat lebih besar.

Pada tahun ini, pertumbuhan kewirausahaan ditandai dengan adanya pelaku usaha yang naik kelas dari mikro menjadi usaha kecil sebesar 4% dan dari usaha kecil menjadi menengah sebanyak 10%, sedangkan kemunculan usaha masih tergolong rendah.

Diharapkan pada tahun depan kenaikan kelas dari usaha mikro menjadi usaha kecil bisa mencapai 10% dan kemunculan usaha baru akan terus digalakkan dengan meningkatkan kegiatan pelatihan dan pembinaan bisnis agar populasi masyarakat produktif semakin meningkat, katanya hari ini.

Menurut Sjarifuddin berdasarkan data yang ada jumlah wirausaha saat ini baru sekitar 0,18% dari jumlah penduduk dan pada tahun depan akan terus ditingkatkan agar bisa mendekati angka 1% dari jumlah penduduk tahun ini sebanyak 238 juta jiwa.

Untuk itu, katanya, peningkatan kewirausahaan menjadi program utama yang harus ditingkatkan baik oleh pemerintah maupun oleh seluruh pemangku kepentingan terhadap penumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia.

Kalau dihitung berdasarkan angka ideal jumlah entrepreneur suatu negara itu minimalnya 2% dari jumlah penduduk atau sekitar lebih dari 4 juta wirausaha. Memang untuk mencapai itu tidak mudah dan harus didukung semua elemen agar peningkatan kualitas UMKM bisa tercapai dengan baik. (ra)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top