10 Peritel di Yogyakarta siap layani tax refund

Yoseph Pencawan - nonaktif
Yoseph Pencawan - nonaktif - Bisnis.com 21 Desember 2010  |  15:00 WIB

JAKARTA: Direktorat Jenderal Pajak telah menetapkan 10 toko eceranl di wilayah Yogyakarta yang akan melayani pengembalian PPN bagi turis asing (value added tax/VAT refund).

Penetapan tersebut termaktub dalam surat Keputusan Dirjen Pajak tertanggal 9 Desember 2010 bernomor KEP No.386/2010 tentang Penunjukan Toko Retail. Masa pelayanan VAT refund di Yogyakarta baru akan dimulai per 1 Januari 2011.

Kesepuluh toko retail itu adalah Mirota Batik, Dagadu Djogdja, HS Silver, Ansor Silver, Batik Keris Malioboro, Batik Keris Plaza Ambarukmo, Batik Danarhadi, Margaria Batik, Centro Department Store, dan Dowa.

Direktur Transformasi Proses Bisnis Ditjen Pajak Robert Pakpahan mengutarakan penetapan 10 toko retail di Yogyakarta tersebut merupakan tahap awal yang jumlahnya akan terus ditambah. "Yang penting jalan dulu di Yogya,kalau sudah mapan prosesnya di bandara, segera kita tambah," ungkapnya kepada Bisnis hari ini.

Menurutnya, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh toko retail yang ingin berpartisipasi melayani VAT refund a.l. taat pajak yang ditunjukkan dengan selalu memasukkan surat pemberitahuan (SPT), tidak punya utang pajak, dan bersedia menyediakan perangkat komputer yang terhubung dengan kantor pajak pusat. "Komputer hanya untuk memproses faktur pajak khusus untuk VAT refund," jelasnya.

Sebelumnya, pada 1 April 2010 Ditjen Pajak telah menunjuk 8 toko retail yang berpartisipasi dalam program VAT refund. Lalu pada Oktober lalu, Ditjen Pajak kembali menambah 22 toko retail yang tersebar di Jakarta dan Bali.

Toko-toko retail yang berpartisipasi dalam program ini diwajibkan memasang logo 'VAT REFUND FOR TOURISTS'. Sampai saat ini, baru dua bandar internasional yaitu Bandara Soekarno Hatta Jakarta dan Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali yang melayani pengembalian PPN ini. Mulai tahun depan, Bandara Adi Sucipto Yogyakarta juga akan melayani VAT refund.

Ke depannya, Ditjen Pajak berharap toko-toko retail yang berpartisipasi akan semakin banyak dan tempat atau counter klaim juga semakin ersebar di seluruh Bandara Internasional di Indonesia.

Toko-toko retail di Jakarta adalah, PT Pasaraya Blok M, Sarinah Thamrin, Metro Pondok Indah Mal, Metro Plaza Senayan, Batik Keris Citraland, Batik Keris Menteng, Batik Keris Pondok Indah Mal 2, Batik Keris Supermal Karawaci, Batik Keris Pacific Place, Keris Dept Store Menteng, Keris Dept Store Mal Puri Indah, Jean Paul Gaultier Plaza Indonesia, Chistian Loubountin Plaza Indonesia, Club Monaco, Plaza Indonesia, Sogo Plaza Senayan, Sogo Kelapa Gading, Sogo Pondok Indah Mal, Sogo Emporium Pluit, Seibu Grand Indonesia, dan Alun-Alun Indonesia Grand Indonesia.

Adapun toko retail yang berlokasi di Bali adalah Batik Keris Discovery Shopping Mall, Batik Keris Bandar Udara Ngurah Rai,Sogo Bali Collection, Sogo Discovery Shopping Mall, Alun-Alun Indonesia Nusa Dua, UC Silver Batubulan Gianyar, Mayang Bali Kuta Square, Atlas South Sea Pearl Pertokoan Sanur, Dewis Sukawati Gianyar, dan Windu Sari Batubulan Gianyar. (mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top