Inkowapi sosialisasi gerakan UKM menabung

JAKARTA: Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (Inkowapi) menargetkan minimal 1 juta masyarakat dan anggotanya berpartisipasi menyukseskan gerakan menabung hingga 2011 sebagai salah satu pintu gerbang menuju akses pembiayaan ke perbankan.
Muhammad Sarwani
Muhammad Sarwani - Bisnis.com 21 Desember 2010  |  09:15 WIB

JAKARTA: Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (Inkowapi) menargetkan minimal 1 juta masyarakat dan anggotanya berpartisipasi menyukseskan gerakan menabung hingga 2011 sebagai salah satu pintu gerbang menuju akses pembiayaan ke perbankan.

Sharmila, Ketua Umum Inkowapi, mengatakan gerakan menabung yang disosialisasikan organisasinya, bersamaan dengan acara klinik perbankan yang diselenggarakan Inkowapi sejak 20 Desember hingga 23 Desember di Thamrin City, Jakarta Pusat.

Selain menyelenggarakan klinik perbankan, organisasi pengusaha wanita berbasis koperasi tersebut juga melaksanakan pameran di Thamrin City melibatkan sedikitnya 60 pelaku usaha kecil menengah (UKM) anggota Inkowapi.

Kami mensosialisasikan gerakan menabung, karena masih ada anggota yang belum memiliki tabungan di perbankan. Padahal, demean membuka tabungan, bisa menjadi pintu akses bagi mereka mengajukan kredit ke bank, ujar Sharmila, hari ini.

Karena itu Inkowapi tampil menjadi fasilitator dalam gerakan menabung yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun ini. Hingga tahun depan, Inkowapi menargetkan terjaring sekitar 1 juta orang.

Selain mengharapkan partisipasi anggotanya di seluruh Indonesia, Inkowapi juga mengharapkan para penabung itu melibatkan seluruh anggota keluarga anggota, maupun masyarakat UKM yang belum bergabung demean organisasi tersebut.

Menurut Sharmila, jika target 1 juta penabung tercapai pada tahun depan, target berikutnya adalah pencangangan 5 juta penabung. Ini menjadi target dari seluruh pengurus Inkowapi maupun Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Kowapi) di daerah, papar Sharmila.

Perbankan maupun Bank Perkreditan Rakyat yang sudah menjalin kerja sama dengan Inkowapi dalam program gerakan menabung tersebut, di antaranya Bank BNI, Bank Bukopin, Bank Mutiara maupun beberapa BPR.

Setelah sosialiasi di Jakarta, Inkowapi akan melanjutkannya ke seluruh daerah, karena sangat bermanfaat bagi anggotanya. Terutama yang membutuhkan pembiayaan tambahan untuk mengembangkan jaringan usaha.

Program klinik perbankan sebenarnya sudah dilakukan pada masa sebelumnya sebelum saya menjadi ketua. Program ini kami galakkan kembali demean merangkul beberpa perbankan nasional maupun perusahaan pembiayaan, kata Sharmila. (ra)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top